Sukses

Parenting

Cacar Air dan Imunisasi Bayi

Imunisasi adalah bagian penting daripada masa awal bayi. Seorang bayi perlu mendapatkan semua imunisasi yang dibutuhkannya karena paska persalinan sistem kekebalan tubuhnya belum bekerja sepenuhnya dan akan tumbuh bersama dengan usianya. Imunisasi bayi perlu dilakukan terutama terhadap penyakit-penyakit yang dinilai gampang menular dan berbahaya apabila menyerang bayi

Salah satunya adalah cacar air, Moms. Cacar air yang disebabkan oleh virus varicella-zoster ini adalah penyakit yang gampang sekali menular dan bisa menyebabkan masalah kesehatan pada setiap orang yang terkena kontak dengan virus tersebut.

Vaksinasi cacar air dilakukan dengan menyuntikkan virus varicella-zoster yang telah dilemahkan ke dalam tubuh bayi untuk memicu tubuhnya untuk membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit cacar air yang berbahaya tersebut.

Virus cacar yang telah dilemahkan umumnya mampu ditolerir oleh tubuh manusia, bahkan bayi sekalipun untuk membentuk sistem pertahanan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, ada bayi-bayi yang mengalami gejala cacar air paska disuntikkan vaksin cacar yang merupakan efek samping dari imunisasi.

Menurut children.webmd.com, imunisasi cacar air akan menstimulasi respon perlawanan dari tubuh manusia untuk melawan efek samping dari vaksin tersebut. bukan tidak mungkin, bayi akan mengalami gejala cacar air paska imunisasi.

Akan tetapi, vaksin cacar tidak akan menyebabkan permasalahan serius kok, Moms. Efek samping imunisasi biasanya akan hilang dalam waktu beberapa hari saja

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading