Sukses

Parenting

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Mandi Air Garam

Satu lagi cara menghilangkan bekas cacar secara alami adalah mengatasi gatal pada luka cacar dengan mandi air garam. Perawatan ini sebenarnya lebih bertujuan mencegah daripada menghilangkan bekas luka. Karena, seperti Bunda ketahui, parah tidaknya bekas luka penyakit cacar sangat bergantung pada sering dan seberapa dalam bisul cacar digaruk hingga menyebabkan luka berbekas.

Karena itu, berdasar langsiran info dari laman home-remedies.com, mandi dengan air garam bisa digunakan sebagai antiseptik alami untuk mengurangi infeksi bakteri pada luka cacar yang masih basah. Selain itu, mandi air garam juga bisa mengurangi rasa gatal di daerah pinggiran luka cacar yang biasanya paling terasa gatal.

Jika Bunda tertarik mencoba, Anda cukup mencampurkan garam pada bathtub atau bak mandi si kecil yang telah diisi air. Biarkan si kecil berendam dalam air garam yang hangat selama kurang lebih 10 menit agar zat antiseptik pada garam bekerja sempurna pada luka cacar.

Untuk mengurangi rasa perih pada luka cacar, Bunda sebaiknya tidak memberikan garam yang terlalu banyak pada air mandi si kecil. Selain itu, Bunda juga perlu sangat berhati-hati ketika mengeringkan badan si kecil agar tidak melukai bisul cacar pada kulitnya.

Memang ya Bun, treatment mandi air garam ini sangat mudah dilakukan di rumah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
Bunda hanya perlu mengantisipasi rasa perih alami yang timbul akibat reaksi bekerjanya antiseptik dari garam untuk membunuh bakteri.

Selama Bund abisa membujuk si kecil untuk sedikit menahan rasa perih tersebut, resiko infeksi bakteri yang menyebabkan luka berbekas bisa makin dihindari dan kulit si kecil bakal lebih cepat pulih setelah penyakit cacarnya sembuh.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading