5 Cara Mencegah Kelahiran Prematur Saat Bunda Hamil Anak Kembar

Fimela20 Mei 2014, 11:54 WIB
(c) vemale.com

Kelahiran prematur memang sangat sering terjadi ketika Anda sedang hamil anak kembar. Biasanya proses persalinan akan berlangsung ketika Anda telah memasuki usia kandungan sekitar 32 sampai 37 minggu. Kebanyakan Ibu hamil kembar memang mengalami kelahiran prematur ini, namun bukan berarti kelahiran prematur tidak dapat dihindari.

Berikut 5 cara yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur ketika sedang hamil anak kembar, yang dilangsir dari laman twinservices.org:

1. Konsumsi banyak protein

Protein bisa mencegah terjadinya kelahiran prematur. Bunda bisa meningkatkan lebih banyak konsumsi protein saat sedang hamil anak kembar. Bunda bisa memilih ikan, daging, atau telur untuk dijadikan menu wajib setiap harinya.

2. Meminum cukup air

Dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Untuk itu, ketika Bunda sedang hamil anak kembar, Bunda harus banyak meminum air putih untuk mencegah kelahiran prematur. Minumlah air sebanyak 8 samapi 10 gelas per hari.

3. Hindari pekerjaan berat

Jika Bunda tak ingin mengalami kelahiran prematur, hindari pekerjaan berat. Untuk itu, Bunda disarankan agar tidak pindah rumah ketika sedang hamil.

4. Istirahat yang cukup

Jangan terlalu lelah, beristirahatlah yang cukup. Berikan waktu untuk tubuh Bunda beristirahat. Bunda juga disarankan untuk tidur siang.

5. Jangan stres

Bunda harus tetap tenang dalam menjalani proses kehamilan ini. Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang negatif karena hanya akan menambah peluang terjadinya kelahiran prematur.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)