Sukses

Parenting

Faksin bagi Kerabat Penderita TBC

Ladies, untuk mengantisipasi bakteri TBC, seseorang harus melakukan vaksin dan imunisasi. Apalagi bagi orang yang memiliki kerabat dekat seorang penderita TBC, hal ini wajib dilakukan. Seperti hal nya yang dilansir oleh cdc.gov, terdapat vaksin yang disebut dengan BCG.

BCG merupakan vaksin untuk penyakit TBC. Vaksin ini tak banyak digunakan di Amerika Serikat karena meskipun telah diberi vaksin ini, tak semua orang dapat terhindar dari TBC. Tetapi, vaksin ini biasa diberikan pada bayi dan anak-anak di area dimana terdapat banyak penyebarab penyakit TBC.

Di Amerika Serikat sendiri, vaksin BCG tidak diberikan kepada semua orang. Vaksin ini hanya diberikan pada orang-orang dengan kriteria tertentu dan telah berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Dari ahli kesehatan pun masih didiskusikan kembali dengan program pengontrol TBC untuk keputusan pemberian vaksin.

Dalam hal ini, vaksin BCG diberikan pada anak-anak yang hasil skin test nya negatif tetapi kontak terus-menerus dan tak dapat berpisah dengan orang-orang terdekatnya yang belum di beri pengobatan, atau pengobatannya kurang sempurna, dan si anak tersebut tak dapat diberi pengobatan pencegahan TBC jangka panjang. Selain itu, seorang anak diberi vaksin TBC jika ia tak dapat berpisah dengan seseorang yang memiliki penyakit TBC yang diakibatkan oleh resisten obat isoniazid dan rifampin.

Selain anak-anak, pekerja kesesehatan juga diberi vaksin TBC. Pekerja in biasanya diberi vaksin jika banyak dari pasiennya menderita TBC, ada salah seorang pekerja lainnya yang terkena TBC. Namun, hal ini harus didiskusikan dengan pekerja tersebut terlebuh dahulu.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading