Sukses

Parenting

Cara Praktis Percepat Penyembuhan Jahitan Operasi Caesar

Moms, tahukah Anda bahwa waktu normal masa penyembuhan jahitan operasi caesar adalah 3 hingga 4 minggu? Bahkan untuk beberapa ibu, waktu ini bisa jadi lebih lama bergantung pada kondisi fisik masing-masing.

Seperti dijelaskan laman forum.kompas.com, waktu normal masa penyembuhan tersebut bukan hanya bisa lebih panjang, tapi juga lebih parah karena terjadinya infeksi jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk itu, simak rangkuman tips merawat luka jahitan operasi caesar dengan benar seperti di bawah ini ya. Semoga bisa sangat membantu mempercepat pemulihan fisik Moms sekalian pasca operasi.

1. Jaga Kebersihan Luka Operasi
Bekas operasi caesar pada dasarnya sama dengan luka operasi lainnya. Kunci dari proses penyembuhan yang cepat adalah menjaga luka terhinggapi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Karenanya, memastikan luka bekas operasi tetap bersih dan steril adalah salah satu cara mempercepat penyembuhan.

2. Olahraga Ringan
Moms, siapa bilang olahraga berbahaya bagi Anda yang baru saja menjalani operasi cesar? Faktanya, olahraga ringan seperti jalan-jalan bisa sangat membantu proses penyembuhan.

Alasannya? Pertama, olahraga ringan bisa mencegah konstipasi dan penggumpalan darah. Dan kedua, olahraga ringan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Kesimpulan? Sangat membantu pemulihan luka bekas operasi caesar.

3. Pakaian Wajib Setelah Operasi Cesar
Ditambahkan laman doktercantik.com, selama masa penyembuhan jahitan operasi caesar, Moms dianjurkan memilih pakaian yang longgar untuk menghindari resiko terjadi iritasi kulit. Pakaian longgar yang harus Anda kenakan meliputi pakaian dalam, atasan, kaos, celana/rok, dan atau piyama. Daster dan babydoll termasuk jenis pakaian longgar yang paling disarankan.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading