Sukses

Parenting

Kapan Luka Jahitan Operasi Caesar Mengering?

Moms, mengeringnya jahitan operasi caesar pasti menjadi salah satu harapan para ibu setelah melakukan operasi caesar ya? Tapi, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan agar luka jahitan bisa mengering?

Dijelaskan melalui laman tabloid-nakita.com, mengeringnya luka jahitan operasi caesar dipengaruhi, salah satunya, oleh jenis benang yang digunakan.

Seperti diketahui, ada benang berbahan protein sintentis yang dapat langsung diserap tubuh. Namun pada beberapa orang, benang jenis ini berisiko menimbulkan alergi dan reaksi penolakan jaringan.

Jika kondisi resistan tersebut terjadi, tubuh tidak dapat menyerap benang dengan baik sehingga benang bisa keluar dan membuat jahitan terbuka. Pada bagian kulit luar, reaksi alergi umumnya akan menimbulkan rasa gatal dan memicu infeksi jika terus digaruk.

Singkatnya, benang jenis ini sering membuat bekas jahitan lama mengeringnya. Karena alasan tersebut, beberapa dokter lebih memilih benang yang harus diangkat dari jahitannya karena risiko alerginya lebih rendah. Dengan benang terakhir ini, umumnya jahitan akan mengering saat benangnya diangkat dalam waktu 10 - 14 hari.

Ditambahkan oleh laman ayahbunda.co.id, dalam persalinan caesar ada sekitar 7 lapisan mulai dari kulit perut sampai dinding rahim yang akan dijahit satu persatu ketika dokter menutup luka bekas operasi caesar.

Daerah jahitan inilah yang menjadi salah satu faktor penentu mengeringnya luka jahitan. Kesembuhan setiap lapisan perut hingga ke rahim yang dibuka saat operasi caesar memiliki masa yang berbeda-beda.

Pada bagian kulit luar biasanya jahitan sudah akan mengering dalam periode 2 minggu. Sedangkan jahitan pada lapisan otot dalam akan menyatu dalam waktu satu bulan.

Untuk menyatunya semua jaringan otot, mulai yang terdalam hingga lapisan bawah pelindung otot, seperti sebelum operasi sesar dibutuhkan waktu sekitar 4 - 6 bulan.


Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading