Sukses

Parenting

Kompres Panas-Dingin: Alternatif Atasi Infeksi Jahitan Operasi Caesar

Moms, dijelaskan laman medical-dictionary.thefreedictionary.com, munculnya rona kemerahan yang menyebabkan pembengkakan di area jahitan operasi caesar adalah salah satu indikasi bahwa Anda mengalami infeksi.

Jika infeksi terjadi, Anda dapat melakukan tindakan darurat, yaitu dengan melakukan perawatan dingin dan panas. Caranya adalah dengan meletakkan plastik berisi es atau air dingin, segera setelah anda melihat terjadi pembengkakan di sekitar area bekas jahitan operasi caesar.

Atau bisa juga dengan mengkompres bagian luka operasi dan sekitarnya dengan heating pad atau kantong plastik khusus yang berisi air hangat. Aplikasi kompres panas pada kulit di atas area yang mengalami pembengkakan akan mempercepat sirkulasi darah pada luka jahitan bekas operasi caesar sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Jika infeksi Anda tergolong parah hingga mengeluarkan nanah, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda Moms. Ketika mengalami infeksi, kulit Anda akan membentuk sistem pertahanan yang mencegah terjadinya penyebaran area infeksi.

Pada saat tersebut, dokter akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan semua nanah yang berada pada area jahitan terinfeksi. Setelah semua nanah dikeluarkan, dokter akan memberikan Anda antibiotik sebagai tindakan preventif untuk mencegah terjadinya infeksi lanjutan.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading