Sukses

Parenting

Tips Mudah Pulihkan Luka Jahitan Operasi Caesar

Moms, terjadinya infeksi di area jahitan operasi caesar mungkin menjadi salah satu momok terbesar bagi Anda ya? Tapi, tahukah Anda bahwa luka jahitan pada dasarnya sangat membantu pemulihan jaringan tubuh setelah proses operasi.

Namun bila tidak dirawat dengan baik, tentunya luka jahitan bisa menyebabkan infeksi kompleks yang bakal balik memperlama proses penyembuhan Anda. Untuk itu, simak beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat luka jahitan operasi caesar Anda.

Lindungi Luka Jahitan
Dilansir kembali dari laman doktercantik.com, Moms perlu melindungi luka jahitan operasi caesar terutama dari kontak langsung dengan benda asing. Benda asing di sini bisa beragam ya Moms, termasuk tangan Anda yang tidak steril dan atau air yang Anda gunakan untuk mandi.

Mengapa? Ditakutkan ada banyak bakteri yang berkembang dari air kamar mandi atau kran. Bisa jadi juga, kalau Anda tidak rajin cuci tangan, bakteri yang menempel pada jari atau selipan kuku bisa berpindah ke luka jahitan Anda dan menimbulkan infeksi.

Maka dari itu, selain memastikan tangan Anda selalu bersih, pastikan juga Anda telah memilih perban yang steril untuk membungkus luka jahitan Anda ya Moms.

Bersihkan Luka Jahitan
Setidaknya, Anda harus membersihkan luka jahitan minimal dua kali dalam sehari. Caranya basahi sebatang cotton bud dengan setetes cairan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter Anda.

Lalu, usapkan perlahan dan merata ke area luka jahitan dan tunggu sampai kering sebelum menutupnya kembali dengan perban. Dan ingat, hindari meniup atau mengusap luka jahitan Anda dengan tissue!

Makan Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka
Ditambahkan melalui informasi saduran dari laman forum.kompas.com, untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan operasi caesar Moms juga dianjurkan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi berimbang.

Misalnya, untuk sarapan Moms bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C, ditambah menu berbahan dasar gandum utuh seperti sereal dan atau roti gandum.

Untuk makan siang, menu anda harus mengandung protein dan beta karoten yang tinggi. Makanan yang mengandung protein, zinc, mineral dan vitamin lain juga wajib anda konsumsi.

Dengan demikian, pemulihan luka jahitan operasi bisa dilakukan dari dua sisi, eksternal dan internal. Yang pertama berasal dari obat anjuran dokter dan yang kedua dari asupan nutrisi yang Moms konsumsi.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading