Sukses

Parenting

Nyeri dan Gatal Pada Bekas Jahitan Operasi Caesar Itu Biasa

Bunda, lapisan jahitan operasi caesar yang menutup luka perlu mendapatkan perawatan yang benar agar tidak terjadi infeksi atau bahkan robekan yang berakibat pada pendarahan miss V.

Ingat, seperti dilansir dari laman welcomebabyhome.com, proses pemulihan operasi caesar lebih lama dan melalui tahapan proses lebih banyak dibanding persalinan normal.

Pasca operasi, Anda juga sangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dan membatasi pergerakan tubuh. Hal ini penting agar jahitan Anda tidak terlalu banyak mendapatkan guncangan dan atau tekanan sehingga berpotensi robek atau terbuka kembali.

Pada hari-hari awal pasca operasi, Moms mungkin bakal mendapati timbulnya sedikit memar serta rasa nyeri pada bekas jahitan Anda. Jangan panik atau khawatir berlebihan ya Bunda.

Memar atau nyeri tersebut kerap terjadi pada jahitan bekas operasi dan hal ini biasanya juga akan berlanjut dengan rasa gatal setelah benang jahitannya dicabut. Yang perlu Moms perhatikan adalah jangan pernah tergoda untuk menggaruk bekas luka tersebut jika tidak ingin terjadi infeksi pada bekas luka Anda.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak menggunakan krim apapun untuk meredakan rasa gatal pada bekas jahitan operasi caesar, kecuali krim antiseptik yang telah disarankan oleh dokter Anda. Hal ini dikarenakan penggunaan krim yang sembarangan dikhawatirkan justru berimbas kontra-produktif dan malah memicu infeksi.

Tapi jika Anda melihat kelainan terjadi pada bekas luka Anda, misal mulai meradang dan bernanah, segera konsultasikan pada dokter Anda untuk mencegah terjadinya akibat yang lebih fatal.

Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading