Sukses

Parenting

Tips Atasi Rasa Gatal Pada Bekas Jahitan Operasi Caesar

Moms mungkin mengalami beberapa keluhan terkait luka bekas jahitan operasi caesar. Salah satu yang paling umum dan sering dikeluhkan adalah munculnya rasa gatal yang menyerang sekitar bekas luka jahitan.

Apakah ini normal? Ya, tentu saja. Seperti dilansir dari laman ibudanbalita.net, rasa gatal tersebut dikarenakan saat operasi tentunya juga terjadi proses pemotongan berbagai jaringan syaraf dalam tubuh. Dan rasa gatal akan timbul ketika jaringan syaraf tersebut mulai terhubung kembali.

Makanya, untuk mengatasi rasa gatal pada area bekas jahitan operasi caesar, simak rangkuman beberapa tips berikut ya:

Jangan Menggosok di Sekitar Area Luka
Ketika rasa gatal mulai menyerang daerah luka, jangan panik ya Moms! Karena bisa jadi rasa gatal tersebut justru menjadi sinyal kesembuhan pada luka bekas operasi caesar Anda. Hindari menggosok atau menggaruk area luka pada perut. Jika memang sudah sangat tidak tahan, sebagai gantinya Anda bisa mengelus secara perlahan di wilayah sekitar luka.

Gunakan Sabun jenis Mild
Anda dapat menggunakan sabun dengan kandungan mild untuk mandi, setidaknya selama masa-masa pemulihan saja. Kelembutan pada sabun mild akan memberikan kelembapan pada kulit yang bisa membantu mengurangi rasa gatal di area luka pasca operasi caesar.

Lakukan Olahraga Ringan
Ditambahkan laman forum.kompas.com, beberapa jenis olahraga ringan seperti senam nifas atau latihan relaksasi khusus ibu setelah bersalin dapat membantu Anda mengurangi rasa gatal yang berlebihan pasca tindak operasi.

Moms, tips di atas adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal di sekitar luka jahitan operasi caesar Anda. Apabila Anda masih merasakan gatal lebih dari enam bulan pasca melahirkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama dari rasa gatal pada area bekas jahitan operasi caesar.


Oleh : Maulisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading