Sukses

Parenting

Tips Perawatan Operasi Caesar: Yang Harus Dihindari

Setelah Bunda menjalani operasi caesar, dokter atau ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk lebih banyak beristirahat tentunya. Terlebih lagi saat Bunda masih dalam proses perawatan operasi caesar baik saat Bunda masih di rumah sakit maupun sudah di rumah.

Tidak hanya aktivitas yang harus Bunda batasi, namun juga ada beberapa hal yang harus Bunda hindari guna menjaga kesehatan Bunda. Nah, apa saja nih Bunda?

Dikutip dari laman americanpregnancy.org, beberapa hal yang harus Bunda hindari selama masa perawatan operasi caesar antara lain:

- Bercinta atau berhubungan badan sampai kesehatan Bunda membaik atau setelah diperbolehkan oleh dokter maupun ahli kesehatan saat konsultasi

- Jauhi penggunakan tampon atau douche (obat semprotan)

- Jangan mandi dulu sebelum luka Bunda mengering atau kondisi Bunda sudah pulih kembali

- Berenang atau mandi di pemandian umum ataupun pemandian air hangat

- Mengangkat barang berat kecuali bayi Bunda sendiri

- Naik turun tangga yang membahayakan

- Melakukan exercise seperti senam, gym, atau bahkan olah raga ringan sekalipun sampai dokter Bunda mengizinkan

- Pengobatan atau penggunaan obat kimia yang dapat membahayakan bayi Bunda terlebih lagi jika Bunda sedang menyusui. Untuk pengobatan atau medikasi, terkadang tidak sepenuhnya dapat dihindari jika Bunda memerlukannya. Namun selama konsumsi obat tersebut tidak teramat sangat diperlukan, sebaiknya dihindari. Bunda dapat menggantinya dengan penggunaan obat herbal misalnya yang jauh lebih aman dan tidak berbahaya terutama bagi bayi Bunda.

 

Oleh: Rizana

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading