Sukses

Parenting

Treatment Untuk Baby Ketika Demam dan Flu

Wah, pasti rewel ya kalau si kecil mengalami demam dan juga flu. Selain itu, nafsu makannya juga berkurang. Yang biasanya sangat lahap memakan snack favoritnya, kini semua makanan ditolak. Bahkan, pola tidur pun juga menjadi terganggu. Jangankan anak-anak, kita yang sudah dewasa saja mungkin akan susah tidur kalau sedang tak enak badan ya, Moms.

Nah, hal pertama yang pasti kita lakukan adalah membuatnya merasa nyaman, dengan cara memberikan boneka kesukaannya, selimut yang hangat, memberikan mainan, dan lain sebagainya. Yang pasti Moms, jangan pernah kita memberikan obat demam dan flu untuk anak yang usianya masih di bawah 4 tahun. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kalau Anda ingin memberikan obat tertentu ya, Moms. Salah-salah malah obat yang kita berikan akan membahayakan kesehatannya.

Untuk menenangkannya sementara, Anda bisa melakukan beberapa treatment. Berikut ini penjelasannya seperti yang dilangsir oleh laman webmd.com.

Bantu si Kecil Untuk Tidur
Baby yang sedang sakit butuh banyak istirahat. Namun terkadang, kondisi tubuh yang kurang fit akan membuat mereka sulit untuk tidur. Pada dasarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk membantunya tidur. Salah satunya adalah dengan cara mengangkat kepala baby beberapa cm lebih tinggi. Posisi kepala yang datar akan semakin membuat batuknya menjadi lebih parah. Kondisi ini tentunya akan semakin mempersulit si kecil untuk tidur lebih cepat.

Untuk itu, letakkan beberapa bantal di bawah kepalanya untuk sedikit mengangkat lebih tinggi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengangkat sedikit lebih tinggi bagian kakinya dengan menggunakan buku.

Berikan Lebih Banyak Cairan
Seperti halnya orang dewasa, anak-anak akan membutuhkan lebih banyak asupan cairan ketika mereka sakit. Cairan yang masuk ke dalam tubuhnya ini akan membantu mencairkan lendir, yang akan memudahkan untuk keluar dari hidung. Untuk baby yang berusia di bawah 6 bulan, ASI atau formula sangat penting untuk supply cairan ini. Sementara itu, untuk anak-anak yang sudah berusia lebih tua, Anda bisa memberikannya air atau jus buah segar.

Moms, kalau Anda merasa kondisi si kecil semakin memburuk, Anda bisa langsung mengkonsultasikannya kepada dokter apakah sebaiknya Anda memberikan acetaminophen atau ibuprofen untuk menurunkan demam yang ada. Dengan begitu, dokter akan merekomendasikan dosis yang tepat, terutama kalau si kecil masih berusia di bawah 2 tahun ya, Moms. Yang jelas, jangan pernah memberikan ibuprofen pada bayi yang berumur kurang dari 6 bulan.

So, be careful ya, Moms. Berikan treatment terbaik, dan jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading