Sukses

Parenting

Waspada Batuk pada Bayi

Batuk pada orang dewasa adalah hal yang dianggap enteng. Minum obat batuk, mengurangi makanan berminyak, dan puasa merokok, batuk pun reda. Lain halnya jika batuk terjadi pada buah hati anda yang masih kecil, terutama masih berusia di bawah 3 bulan.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, ada beberapa macam penyebab batuk pada anak.

Pertama, flu. Sakit flu yang sedang diderita oleh anak biasanya dibarengi dengan batuk. Ketika sakit flunya sembuh, maka biasanya batuknya juga sembuh dengan sendirinya.

Kedua, RSV atau Respiratory syncytial virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki gejala yang mirip dengan flu, namun dengan batuk yang lebih parah dan sesak nafas pada anak.

Penyebab batuk lainnya adalah alergi. Alergi debu merupakan penyebab munculnya batuk pada anak, dan biasanya disertai dengan pilek. Jika buah hati anda memiliki gangguan kesehatan berupa alergi—terutama alergi debu, maka jauhkan mereka dari tempat-tempat yang tidak higienis.

Selain alergi, asma juga menjadi penyebab anak batuk. Terutama di malam hari, penyakit asma biasanya dibarengi dengan kesulitan bernafas dan batuk. Jika buah hati ladies memiliki penyakit asma, maka ada baiknya jika anda menjauhkan si kecil dari udara dingin dan menjaga tubuhnya selalu hangat.

Yang lebih parah, pneumonia atau bronchitis. Batuk yang dialami si kecil bisa jadi merupakan gejala pneumonia atau bronchitis. Jika batuk anak tidak segera sembuh dalam beberapa minggu, segera periksakan ke dokter.

For your information, ladies, batuk pada bayi yang berusia di bawah 3 bulan tidak bisa anda tangani sendiri. Ada baiknya jika ladies segera meminta pertolongan dokter jika bayi anda mengalami kondisi sebagai berikut:
1. Batuk bayi tidak sembuh dalam seminggu.
2. Bayi bernafas dengan lebih cepat dari biasanya
3. Batuk bayi mengeluarkan dahak yang berwarna kuning, hijau, atau merah darah
4. Batuk pada bayi disertai dengan demam tinggi
5. Bayi batuk keras sekali hingga dia muntah
6. Bayi batuk setelah mereka menelan makanannya.
Khusus untuk buah hati yang berusia di bawah 6 tahun, ladies tidak diperkenankan untuk memberikan obat secara sembarangan, apalagi obat yang di jual bebas di pasaran. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis obat dan dosis yang tepat. Selain itu, jangan pula memberikan lebih dari satu jenis obat batuk dalam waktu yang bersamaan.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading