Sukses

Parenting

Sudden Infant Death Syndrome, Apa Itu?

Salah satu sindrom mematikan yang bisa menyerang bayi adalah Sudden Infant Death Syndrome atau biasa disingkat sebagai SIDS. Sindrom mematikan yang satu ini biasanya menyerang bayi yang berusia antara satu bulan sampai satu tahun. Dan kebanyakan, SIDS terjadi saat bayi sedang tidur, terutama antara jam 10 malam sampai jam 10 pagi.

Seperti menurut laman babycenter.com, penyebab terjadinya SIDS pada bayi belum diketahui secara pasti. Namun, banyak ahli kesehatan anak mempercayai bahwa SIDS terjadi karena adanya ketidaknormalan pada fungsi jantung atau system pernafasan pada periode kritikal perkembangan bayi.

Informasi lain seputar SIDS yang juga perlu ladies ketahui adalah sebagai berikut: beberapa bayi cenderung memiliki resiko lebih besar untuk mengalami SIDS. Bayi-bayi yang beresiko tinggi untuk mengalami SIDS adalah:

Pertama, bayi premature. Bayi yang lahir premature memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami SIDS dibandingkan dengan bayi yang lahir di usia kehamilan normal.

Kedua, bagi yang lahir dari ibu yang berusia muda. Ibu yang melahirkan saat mereka berusia di bawah 20 tahun beresiko lebih tinggi untuk memiliki bayi yang menderita SIDS.

Resiko SIDS yang lebih tinggi juga dialami oleh bayi yang memiliki banyak saudara dan terutama jarak kelahiran antar saudara tersebut terhitung cukup dekat.

Jenis kelamin pun mempengaruhi resiko SIDS. Bayi laki-laki cenderung untuk mengalami SIDS dibandingkan bayi perempuan, dengan perbandingan 1.5 : 1.

Terakhir, bayi yang lahir dengan berat badan di bawah normal juga memiliki resiko yang lebih besar untuk menderita SIDS dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan berat badan normal.

Karena SIDS seringkali terjadi saat bayi tidur, maka ada baiknya jika ladies mengawasi dengan benar saat buah hati anda tertidur. Untuk mencegah terjadinya SIDS, maka selalu pastikan bahwa buah hati anda tidur dalam posisi terlentang. Posisi ini dianggap lebih “aman” jika dibandingkan dengan tidur miring atau tengkurap. Ketika buah hati tidur tengkurap, mereka akan cenderung mengalami kesulitan saat bernafas dan kepanasan.

Selain memperhatikan posisi tidur bayi anda, hal lain yang juga perlu ladies lakukan adalah memilihkan tempat tidur yang nyaman untuk anak. Tempatkan bayi ditempat tidur yang flat tanpa ada bantal, boneka, atau mainan di sekitar tempat tidurnya.

Begitu pula dengan selimut. Ada baiknya jika ladies tidak menyelimuti bayi ketika tidur untuk mengurangi resiko SIDS. Jika buah hati anda kedinginan, pakaikan baju yang berkain tebal sehingga mereka merasa lebih hangat.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading