Sukses

Parenting

Mengenal Ciri dan Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Beberapa ibu hamil mungkin akan sangat sering buang air kecil. Jika Sahabat Fimela yang sedang hamil juga mengalami kondisi ini, usahakan agar memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau bidan terdekat. Terlalu sering buang air kecil selama kehamilan bisa sebagai tanda adanya infeksi saluran kencing. Apa itu infeksi saluran kencing, bagaimana ciri-cirinya dan apa penyebabnya?

Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing merupakan kondisi di mana adanya bakteri yang berasal dari luar tubuh kemudian masuk ke tubuh melalui saluran kencing dan sampai pada bagian uretra. Karena masalah infeksi saluran kencing ini, seseorang terutama ibu hamil bisa merasa sangat tidak nyaman juga kesakitan.

Tidak hanya membuat perasaan terganggu dan tidak nyaman, kondisi ini juga akan membuat janin di dalam kandungan mengalami masalah. Lebih parahnya lagi, infeksi saluran kencing pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur bahkan keguguran.

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kencing

Ketika mengalami infeksi saluran kencing, ciri yang bisa dirasakan antara lain adalah ibu hamil merasa sakit atau ada sensasi panas di sekitar area organ intim saat buang air kecil, frekuensi buang air kecil semakin sering, terasa sakit saat berhubungan intim dengan suami, dan ibu hamil jadi sering buang air kecil tanpa disadari.

Ciri adanya infeksi saluran kencing juga bisa dilihat dari perut bagian bawah ibu hamil terasa sakit dan mengeras, adanya darah atau lendir pada urin, volume air kencing sangat sedikit namun keinginan buang air kecil lebih sering dan adanya risiko sakit punggung karena kemungkinan besar bakeri penyebab infeksi saluran kencing ini sudah menyebar ke organ tubuh lain seperti ginjal dan sejenisnya.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Melansir dari laman babycenter.com, sedikitnya ada empat penyebab umum dari infeksi saluran kencing. Penyebab itu adalah adanya tekanan janin dari dalam rahim dan ini sangat wajar terjadi. Penyebab selanjutnya adalah adanya pelebaran saluran ureter di trimester ke dua hingga trimester ke tiga kehamilan.

Infeksi saluran kencing juga bisa disebabkan karena volume kantung kemih semakin membesar selama kehamilan. Membesarnya kantung kemih ini akan menyebabkan hasrat buang air kecil semakin besar. Selanjutnya, penyebab dari infeksi saluran kencing adalah adanya perubah hormon selama kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua terbebas dari risiko infeksi saluran kencing selama kehamilan maupun hari-hari biasa. Tetap miliki pola hidup sehat, jauh stres dan jaga kebersihan diri maupun lingkungan agar senantiasa terbebas dari berbagai masalah kesehatan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading