Terapi Musik, Aktivitas yang Dianjurkan Untuk Anak ADHD

Mimi Rohmitriasih31 Des 2018, 14:50 WIB
Terapi musik anak

Fimela.com, Jakarta Anak dengan kondisi ADHD atau Attention Dificit Hyperactivity Disorder merupakan kondisi di mana anak mengalami gangguan pada perkembangan otaknya sehingga membuatnya jadi anak yang hiperaktif, susah fokus dan implusif. Anak-anak dengan ADHD tidak jarang akan lebih suka dengan dunia sendiri dan tak terlalu memperhatikan sekitarnya.

Melansir dari laman parents.com, saat ini tidak sedikit anak yang mengalami kondisi ini. Bagi orang tua yang memiliki buah hati dengan kondisi ADHD, pastikan untuk selalu sabar dan memahami anak dengan baik. Beri juga pengobatan serta konsultasi untuk mengatasi masalah ini.

Sebenarnya, untuk menurunkan risiko ADHD dan membuat anak memperbaiki tingkat fokusnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah mengajak anak melakukan aktivitas yang bisa sekaligus sebagai terapi mengobati ADHD. Salah satu aktivitas terapi tersebut adalah terapi musik.

Memainkan musik instrumen dipercaya bisa memicu perkembangan otak. Ini juga sangat baik bagi perkembangan otak kanan maupun otak kiri anak. Bermusik juga bisa membuat anak merasa lebih nyaman, tenang dan fokus. Bermain musik juga menjadi terapi agar anak lebih tertarik mengenal orang-orang di sekitarnya, melakukan kerjasama maupun kolaborasi untuk memainkan pun menciptakan lagu yang mengesankan.

Para psikolog menyebutkan jika terapi musik sebagai salah satu metode pengobatan untuk anak ADHD. Musik bisa berpengaruh besar terhadap suasana hati anak, menurunkan kecemasan, kekhawatiran dan kegelisahannya. Musik juga dipercaya bisa menjadi alat untuk anak-anak ADHD menyampaikan perasaannya, keluh kesahnya dan apa yang ia rasakan selama ini.

Selain terapi musik, aktivitas lain yang juga bisa dilakukan untuk mengobati ADHD pada anak adalah melakukan petualangan di alam terbuka, memasukkan anak di kelas drama, mengenalkan anak ke seni baik itu seni suara, lukis maupun pahat dan mengajak anak berenang. Semoga informasi ini bermanfaat.