Stres Bisa Berpengaruh Pada Produksi ASI, Benarkah?

Mimi Rohmitriasih29 Des 2018, 10:43 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta ASI (Air Susu Ibu) menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting buat buah hati. Dan ketika menyusui, disarankan agar ibu menjaga produksi ASInya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang memang baik untuk produksi ASI dan menjaga pikirannya agar tidak stres.

Melansir dari laman insured.amedadirect.com, pikiran yang stres selama menyusui bisa berpengaruh pada produksi ASI. Pikiran yang terlalu stres, cemas dan khawatir bisa membuat produksi ASI bekurang.

Saat stres, seseorang akan cenderung merasa tertekan dan cemas. Tekanan ini nanti bisa berpengaruh pada pola makan. Kalau pola makan menurun atau meningkat drastis tanpa memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut, tentu ini akan berpengaruh banyak pada produksi ASI.

Stres juga bisa meningkatkan produksi hormon stes dalam tubuh. Para ahli menyebutkan jika meningkatnya hormon stres bisa merusak fungsi otak dan semua organ tubuh termasuk menghambat produksi ASI. Ketika stres, daya tahan tubuh seseorang juga cenderung menurun dan membuatnya rentan sakit. Ketika sakit, ini sangat mungkin produksi ASI akan berkurang.

Penting kita tahu, stres juga menurunkan kenyamanan kita buat menyusui. Kalau kita tak nyaman menyusui, ini tentunya akan berpengaruh pada kesehatan kita sendiri maupun buah hati. Menyusui secara tidak teratur juga dipercaya bisa menghambat produksi ASI.

Agar produksi ASI lancar selalu, pastikan untuk menjaga pola hidup dengan lebih baik. Pastikan juga untuk tidak terlalu stres apalagi depresi. Perbanyak pula konsumsi air putih ya Sahabat Fimela.