Sukses

Parenting

3 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak tanpa Berlebihan Memanjakannya

Fimela.com, Jakarta Meningkatkan kepercayaan diri anak bisa gampang-gampang susah. Kalau salah langkah, kita malah membuat anak jadi manja di tengah usaha kita untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Selalu menghujani anak dengan pujian nantinya bisa berdampak pada tumbuh kembangnya. Kalau sejak kecil kita selalu memberi anak pujian berlebihan, nantinya ketika anak dewasa dia bisa selalu merasa haus pujian dan akan melakukan apa saja untuk sekadar dapat pujian atau penerimaan dari orang lain. Dilansi rdari afineparent.com, ada tiga cara awal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Berikut info selengkapnya.

1. Bantu Anak untuk Bisa Memotivasi Dirinya Sendiri

Di sini kita perlu membantu anak untuk bisa merasa positif pada dirinya sendiri. Misalnya saat anak merasa rendah diri karena baru kalah dari sebuah kompetisi, kita bisa membantu anak untuk melakukan semacam refleksi. Bantu ia untuk belajar dari kesalahannya dan mengambil sisi positif seperti bahwa dia telah berani mencoba dan itu merupakan sebuah keberhasilan sendiri. "Kamu harus bangga pada dirimu sendiri," bisa kita ucapkan alih-alih mengucapkan, "Ibu bangga padamu." Sehingga anak bisa lebih berani dan mau mencoba hal-hal baru lagi ke depannya.

2. Hargai Setiap Proses yang Dilakukan

Daripada fokus menuntut anak mendapat nilai sempurna pada setiap pelajaran, kita bisa bantu anak untuk bisa menghargai setiap proses yang ia lakukan. Bimbing ia bahwa setiap usaha terbaik juga akan memberikan hasil terbaik. Kalaupun ada kenyataan yang tak sesuai harapan, selalu ada pengalaman berharga yang bisa diperoleh.

3. Hindari Pemberian Label atau Julukan Tertentu

Fokuslah pada hal-hal yang bisa dikontrol oleh anak, seperti bekerja keras, usaha pantang menyerah, dan mencoba hal-hal baru. Sebisa mungkin hindari pemberian label pada anak, seperti "si genius" atau "si jago matematika". Agar anak-anak tidak terjebak atau terpaku pada satu label saja. Sehingga ia masih akan punya ruang lebih banyak untuk mengembangkan berbagai potensinya yang lain.

Tiga cara di atas bisa dibilang cara-cara yang paling dasar dan sederhana untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Semoga infonya bisa bermanfaat untuk kita semua dalam mengasuh dan dan mendidik anak dengan baik, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading