Sukses

Parenting

Tips Cegah Puting Luka saat Menyusui

Fimela.com, Jakarta Masa menyusui merupakan masa yang istimewa. Kedekatan ibu dan anak bisa terbangun di masa ini. Sebagai ibu, kita pun pasti ingin selalu bisa memberikan ASI dengan baik untuk buah hati tercinta.

Hanya saja kadang saat menyusui, puting berisiko terluka. Saat anak mulai menggigit saat menyusui, kadang puting jadi lecet atau terluka. Untuk mencegah puting luka saat menyusui, ada sejumlah tips dan cara yang bisa kita lakukan.

Hindari Penggunaan Sabun Berlebihan

Saat mandi, basuh area puting dan payudara dengan air hangat. Tak perlu menggunakan sabun secara berlebihan. Dilansir dari medela.com, kelenjar Montgomery (kelenjar lemak di daerah sekitar puting payudara) akan memproduksi minyak yang dapat melembapkan dan menjaga kondisi puting agar tidak kering atau iritasi. Kalau kita malah menggunakan sabun berlebihan untuk membersihkan puting, nantinya malah puting bisa berisiko iritasi dan lecet.

Gunakan ASI untuk Melembapkan Puting

Agar kelembapan puting tetap terjaga, kita bisa menggunakan beberapa tetes ASI yang keluar untuk digosokkan secara lembut ke permukaan puting. Bisa dilakukan sebeluam dan sesudah menyusui. Puting yang iritasi pun bisa kembali ke kondisi semula dengan bantuan beberapa tetes ASI ini.

Gunakan Nursing Bra dari Bahan yang Menyerap Keringat

Saat memilih bra, pilih jenis bra yang khusus untuk ibu menyusui. Biasanya bahan nursing bra yang paling bagus adalah yang terbuat dari katun atau kain yang cepat kering. Kalau menggunakan nursing pad, pastikan untuk selalu menggantinya secara rutin untuk menghindari infeksi bakteri dan jamur.

Itu sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mencegah puting luka saat menyusui. Semoga infonya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading