Usia 4 Bulan, Apa yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi?

Febi Anindya Kirana22 Jan 2019, 10:15 WIB
usia bayi

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia empat bulan, bayi sudah mengalami banyak perkembangan. Mulai dari pendengaran, penglihatan, bahkan penciuman.

Bayi usia empat bulan mengalami perkembangan penglihatan yaitu melihat dalam jarak lebih jauh. Penglihatannya sudah mulai jelas untuk jarak yang lebih jauh dibanding di usia awal. Matanya juga sudah bisa fokus melihat objek tanpa melirik atau menjulingkan bola mata.

Bayi juga sudah mulai bisa membedakan warna pada usia ini. Karena penglihatannya sudah mulai jelas, ia juga sudah bisa mengitarkan penglihatannya ke sekeliling ruangan atau lingkungan di mana ia berada, seperti dilansir dari Kids Health.org.

Jika diberikan mainan yang digantung di ruangan, ia bisa melihat dan mengikuti gerakannya, apalagi jika warnanya mencolok dan berwarna-warni. Penglihatan bayi bisa dirangsang dengan cara sering mengajaknya jalan-jalan ke luar, mengenali banyak pemandangan dan lingkungan baru serta melihat banyak benda.

Seiring perkembangan pendengarannya yang sudah tidak lagi sensitif terhadap suara keras, bayi bisa mendengarkan lebih banyak varian suara, beradapatasi dengan intonasi suara dan tinggi rendahnya nada suara.

Bayi juga butuh sentuhan secara intens dan berkala dari orangtuanya karena ini mampu membantu perkembangan indera sentuhnya. Bayi akan belajar tentang dunia di sekitarnya dari sentuhan. Ia mungkin akan penasaran dan sering menggenggam ketika diberikan jari atau benda dalam jarak yang bisa ia raih.

Jadi, itu dia sekian hal yang sudah bisa dilakukan bayi usia 4 bulan. Nikmati perkembangan dan perubahannya dari waktu ke waktu ya Moms.