Usia 7 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Febi Anindya Kirana27 Jan 2019, 09:15 WIB
Diperbarui 27 Jan 2019, 09:15 WIB
bayi

Fimela.com, Jakarta Usia tujuh bulan adalah usia di mana bayi sudah banyak mengalami perkembangan yang signifikan. Kelima indera tubuhnya adalah yang paling banyak mengalami perkembangan. Namun apa saja tepatnya yang sudah bisa dilakukan bayi di usia tujuh bulan ini?

Seperti dilansir dari Kids Helath.org, di usia tujuh bulan, indera pengecapnya perlu dirangsang dan dilatih dengan baik, karena di usia ini bayi sudah boleh diperkenalkan makanan padat. MPASI harus bervariasi sehingga bukan hanya bisa mengenal banyak jenis makanan, bayi juga mendapat nutrisi cukup dan lengkap.

Pengenalan anak pada berbagai makanan ini akan membantu mengenali rasa yang disukai anak dan juga mengenali apakah anak memiliki alergi tertentu terhadap suatu makanan. Jika pada umumnya bayi menyukai rasa-rasa yang manis, kenalkan anak pada makanan dengan rasa-rasa lain.

Untuk perkembangan indera lainnya, anak sudah bisa melihat dengan jelas benda yang ada di dekatnya dan sudah bisa melihat dengan jarak jauh. Ia juga sudah bisa mengenali wajah-wajah yang familiar seperti wajah keluarganya seperti orangtua atau saudaranya.

Bayi juga akan mengenali tekstur benda, ia mungkin akan menyukai memegang selimutnya atau permukaan-permukaan lembut yang membuatnya nyaman.

Bayi mengalami banyak perkembangan di usia tujuh bulan, apalagi dalam hal indera perasa dan peraba. Jadi, latih bayi sehingga perkembangannya terus membaik secara signifikan.