Usia Berapa Anak Boleh Minum Jus?

Febi Anindya Kirana24 Jan 2019, 18:13 WIB
jus buah

Fimela.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan gizi anak sudah menjadi kewajiban orangtua, dan salah satu nutrisi yang bisa didapat adalah dari buah-buahan dan sayuran segar. Buah bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan, salah satunya adalah jus.

Meski sehat tapi bukan berarti jus bisa dikonsumsi siapa saja, apalagi anak-anak. untuk anak usia dini, tentu perlu waktu yang tepat kapan mereka bisa mengonsumsinya. Dilansir dari Kids Health.org, paling baik menunggu bayi berusia paling tidak enam bulan untuk bisa minum jus.

Namun beberapa dokter anak mungkin tidak menyarankan bayi diberikan jus dulu, baik itu kemasan maupun yang segar dan terbuat dari buah dan sayur segar. Tunggu hingga anak berusia satu tahun.

Jus kemasan memiliki kalori tinggi yang bisa menyebabkan anak kegemukan karena terlalu banyak gula. Sedangkan jus segar kemungkinan membawa bakteri dan virus penyebab penyakit. Apalagi imunitas bayi yang masih rentan dan lemah menahan infeksi bakteri dan virus.

Bisa disimpulkan bahwa sebaiknya tidak begitu saja memberi jus pada bayi, bahkan jika itu adalah mengenalkan MPASI pada bayi. Pastikan semua makanan yang diberikan pada bayi sudah dimasak dengan benar dan matang sehingg bisa memberi nutrisi tanpa membahayakan kesehatannya.

Jadi, jangan sembarangan memberikan makanan dan minuman pada anak-anak meski sehat. Kenali dulu kapan tubuh anak bisa menoleransi kandungan sayur dan buah segar.