Nutrisi Penting untuk Anak dengan Cerebral Palsy

Febi Anindya Kirana25 Jan 2019, 14:15 WIB
cerebral palsy

Fimela.com, Jakarta Tidak semua anak terlahir sehat, beberapa anak terlahir mengalami cerebral palsy. Anak-anak yang mengalami cerebral palsy memiliki kesulitan dalam kemampuan motorik atau pergerakkan otot, seperti memegang benda, berjalan, bahkan menggerakkan mulut untuk mengunyah dan menelan makanan, seperti dilansir dari Kid's Health.

Anak dengan cerebral palsy membutuhkan makanan dengan kalori lebih rendah dibanding anak-anak lainnya, mempertimbangkan aktivitas fisik dan pergerakan ototnya yang tidak banyak. Namun mereka membutuhkan makanan yang bisa menjaga tulang kuat, padat dan sehat, seperti nutrisi utama berikut.

1. Kalsium

Mineral ini dibutuhkan untuk meningkatkan struktur tulang dan gigi serta fungsi normalnya. Makanan mengandung kalsium tinggi seperti susu, yogurt, keju, minuman dengan penambah kalsium dan suplemen kalsium.

2. Vitamin D

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Vitamin alami dan paling mudah didapatkan adalah dari sinar matahari pagi. Vitamin D akan diproduksi tubuh sebagai respon terhadap kulit yang terkena sinar matahari. Beberapa makanan mengandung vitamin D seperti ikan tuna, salmon, minyak hati ikan, kuning telur dan produk olahan susu.

3. Fosfor

Fosfor adalah mineral yang berperan penting dalam pembentukan kepadatan tulang dan gigi. Fosfor bisa ditemukan dalam berbagai makanan olahan susu, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum utuh.

Beberapa nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan anak cerebral palsy adalah vitamin C, vitamin K, magnesium, tembaga, seng, dan mangan.

Kegiatan makan bisa menjadi tantangan tersendiri untuk anak cerebral palsy dan orangtua. Oleh karena itu, orangtua perlu memperhatikan setiap kebutuhan nutrisi anak. Karena jika makannya sulit, kebutuhan nutrisi tidak akan terpenuhi untuk tumbuh sehat.