5 Mitos Seputar Kehamilan yang Perlu Sahabat Fimela Ketahui

Ayu Puji Lestari28 Jan 2019, 11:45 WIB
Mitos kehamilan

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan memang sangat dinanti. Apalagi, jika saat ini adalah kehamilan pertama bagi Sahabat Fimela. Serba hati-hati dan tidak ingin terjadi hal buruk kepada si kecil. Well, tahukah jika banyak mitos seputar kehamilan.

Banyaknya mitos seringkali membuat hal mitos ini seperti kenyataan. Hmm, agar tidak salah langkah berikut ini adalah seputar mitos kehamilan yang perlu diketahui. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rutin mengonsumsi kacang hijau membuat rambut bayi tebal

Rambut tebal pada bayi tidak ada hubungannya dengan makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Tebalnya rambut dipengaruhi oleh faktor genetik pada ayah dan ibu, bukan makanan.

2. Mengecat rambut berpengaruh pada kesehatan bayi

Banyak mitos mengatakan mengecat rambut akan mempengaruhi kesehatan janin. Faktanya mengecat rambut tidak ada hubungannya dengan kesehatan janin. Bahkan beberapa ahli menyarankan jika mengecat rambut membuat ibu hamil bahagia, maka tidak perlu ragu melakukannya karena saat hamil, ibu hamil haruslah merasa senang. Jadi jika mewarnai rambut dapat membuat hati lebih gembira, mengapa tidak dilakukan?

3. Perut gatal artinya janin sedang tumbuh rambut

Banyak yang menganggap, perut ibu hamil yang gatal dikarenakan janin tumbuh rambut. Faktanya perut yang gatal pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan pada perutmu. Hal ini seiring dengan perubahan besarnya perut ibu.

4. Ibu hamil tidak boleh potong rambut

Mitos mengatakan jika ibu hamil tidak boleh memotong rambutnya karena dapat berpengaruh pada posisi janin. Well, faktanya memotong rambut tidak ada hubungannya dengan kesehatan janin.

5. Dada terasa panas rambut bayi akan tebal

Sensasi panas di sekitar dada atau biasa disebut dengan heartburn dipercaya adalah pertanda jika rambut bayi yang dilahirkan akan tebal. Faktanya heartburn terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan asam lambung naik ke arah dada.

Nah, Sahabat Fimela demikian 5 mitos mengenai kehamilan yang perlu diketahui. Sekarang paham kan bedanya mitos dan fakta kehamilan? Semoga informasi ini bermanfaat.