Cegah Nyeri Haid dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Ivana Okta29 Jan 2019, 10:47 WIB
Haid

Fimela.com, Jakarta Menstruasi akan dialami setiap perempuan. Setiap bulan 'tamu' ini akan datang dan kadang mengganggu aktivitas. Rasa nyeri yang dirasakan saat sedang datang bulan kebanyakan membuat aktivitas terhambat.

Nyeri dan kram saat haid secara medis dipengaruhi oleh beragam faktor. Yang paling umum adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Hormon estrogen lebih banyak dibanding progesteron.

Sebab lain yang bisa memunculkan kram adalah kurang vitamin D. Saat tubuh kurang vitamin D, perempuan akan rentan mengalami depresi, sakit punggung, obesitas, osteoporosis, multiple sclerosis, penyakit gusi, sindrom pramenstruasi, asma, bronkitis, hipertensi dan diabetes.

Karena itu sangat disarankan untuk sering berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D alami. Perbanyak juga konsumsi makanan dan minuman yang kaya vitamin ini.

Nah, saat sedang haid sebaiknya bangun pagi dan cobalah untuk berjalan-jalan sambil menghirup udara segar serta menikmati sinar matahari hangat yang menyehatkan.