Rekomendasi Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Beauty Journal29 Jan 2019, 11:40 WIB
Ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan atau bahkan justru tengah mengandung, mereka tentu akan lebih berhati-hati dalam mengatur pola hidup. Tak terkecuali saat memilih apa yang akan dikonsumsi atau apa yang akan dikenakan pada kulit. Saat hamil, banyak wanita cenderung menghindari perawatan kulit karena khawatir kandungan dari produk skin care yang digunakan akan membahayakan janin. Padahal, tidak semua produk membayakan. Berdasarkan pendapat banyak ahli, secara umum perempuan hamil dianjurkan untuk menghindari produk skin care dengan kandungan sebagai berikut:

  • accutane
  • retinol
  • tretinoin
  • hydroquinone

Selain beberapa kandungan di atas, kandungan yang umumnya ditemukan pada obat jerawat seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan glycolic acid juga masih tergolong cukup aman karena yang akan terserap ke dalam kulit hanya sedikit. Sudah mengetahui ragam kandungan yang sebaiknya dihindari, tapi masih bingung dalam memilih produk perawatan kulit yang aman untuk sehari-hari? Coba intip pilihannya di sini, yuk!

1. Mengangkat Makeup dan Kotoran di Wajah

Untuk membersihkan makeup atau sisa-sisa kotoran dari wajah, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang alami, seperti Utama Spice Virgin Coconut Oil. Selain aman untuk digunakan oleh wanita hamil, virgin coconut oil juga sekaligus akan melembapkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan, lho! Produk lainnya yang juga bisa kamu pilih adalah Bioderma Sensibio H2O yang memiliki formula gentle dan bebas alkohol.

Baca juga: Lakukan Sejak Dini, Ini Cara Mencegah Stretch Marks Pada Masa Kehamilan

2. Membersihkan Wajah

Lanjut ke tahapan kedua dalam double cleansing, bisa membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang kandungannya gentle dan bebas dari kandungan yang berpotensi mengiritasi, seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang bahkan aman untuk kulit bayi. Selain itu, juga bisa menggunakan Missha Super Aqua Refreshing Cleansing Foam yang kandungannya aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

3. Melembapkan Wajah

Untuk mengembalikan kelembapan wajah setelah membersihkan wajah, kamu perlu menggunakan moisturizer. Nah, salah satu pilihan pelembap yang aman bagi wanita hamil adalah Cetaphil Moisturizing Lotion yang tak hanya ringan tapi juga dapat digunakan oleh kulit sensitif. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Sebamed Moisturizing Cream yang diklaim dapat membantu mengurangi tanda penuaan berkat kandungan vitamin E dan lipid content yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Selain Stretch Marks, Inilah Masalah Kecantikan yang Mungkin Akan Dialami Saat Hamil

4. Serum / Essence

Agar kulit wajah tetap terawat dan terlihat glowing, bisa juga memasukkan serum atau essence ke dalam rangkaian perawatan kulit kamu. Pilihlah serum yang ditujukan untuk membantu melembapkan kulit, seperti Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence atau bisa juga COSRX Propolis Light Ampule. Selain efektif untuk menjaga kelembapan kulit, kedua produk ini juga memiliki kandungan yang aman bagi wanita hamil.

5. Tabir Surya

Untuk senantiasa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya setiap hari. Bioderma Photoderm Max Spray SPF50 atau Corine de Farme Protective Lotion SPF50 dalam bentuk spray bisa menjadi pilihan sunscreen yang menarik untuk digunakan sehari-hari. Baik sunscreen dari Bioderma maupun Corine de Farme, keduanya sama-sama tidak memiliki kandungan yang berisiko membahayakan janin.

Perlu diingat, kondisi kehamilan dan kondisi kulit setiap perempuan berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikanlah produk skin care dengan kebutuhan kulit kamu. Jangan lupa pula untuk selalu mengonsultasikan penggunaan setiap produk perawatan kulit dengan dokter kandungan kamu terlebih dahulu, ya!

Baca juga: Agar Kondisi Kesehatan Ibu dan Bayi Aman, Ini Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan yang Perlu Dilakukan Wanita Hamil

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.