Bagaimana Mengetahui Bayi Siap atau Tidak Dikenalkan Makanan Padat?

Febi Anindya Kirana30 Jan 2019, 09:09 WIB
makanan padat

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 4 hingga 7 bulan, umumya bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan padat sebagai pendamping ASI. Para ahli merekomendasikan, si kecil secara berkala bisa diperkenalkan dengan makanan padat di usia 6 bulan, tergantung kesiapan dan kebutuhan nutrisi anak.

Namun bagaimana cara mengenali kapan bayi sudah bisa mulai diperkenalkan makanan padat dan kapan belum? Dilansir dari Kid's Health.org, ini beberapa tanda si kecil sudah siap diperkenalkan dengan makanan padat.

1. Mengamati reflek dorong lidah bayi

Apakah ia kurang memiliki reflek lidah sehingga sering tersedak atau ia jarang menggunakan lidahnya saat minum susu? Jika seperti ini, tunggu beberapa lama lagi hingga bayi memiliki reflek dorong lidah yang baik dalam mengeluarkan maupun menelan minuman.

2. Memastikan bayi sudah bisa menopang kelapanya sendiri

Untuk makanan padat, bayi membuthkan kemampuan mengendlikan keapal dan leher, sehingga kemampuan menopang kepala diperlukan untuk mencegah makanan tersedak. Akan lebih baik jika si kecil sudah mampu duduk.

3. Memerhatikan ketertarikan pada makanan

Bayi berusia 6 bulan sudah mengembangkan koordinasi tangan dan mata yang baik dan mulai belajar memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, terutama makanan. Jika sudah timbul ketertarikan seperti ini, sudah saatnya memperkenalkan bayi pada makanan padat.

Jika masih tidak yakin kapan waktu yang tepat mengenalkan bayi pada makanan padat, sebaiknya konsulitasikan ke dokter.