Begini Pertumbuhan Tinggi dan Berat Badan Anak Usia 1-2 Tahun!

Febi Anindya Kirana30 Jan 2019, 13:48 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Seberapa banyak anakku sudah tumbuh? Mungkin pertanyaan inilah yang sering muncul di benak ibu. Sebagai ibu, tentu para perempuan ingin mengetahui apakah anaknya mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai usianya, apakah anak sudah memasuki usia 1-2 tahun.

Dilansir dari Kid's Health.org, ini sekian pertumbuhan yang bisa dilihat dari balita usia 1-2 tahun. Sebagai balita, anak usia ini sudah memiliki keseimbangan yang baik dan kekuatan fisik yang baik sehingga sudah mampu melakukan banyak gerakan dan aktivitas.

Selama tahun pertama dan kedua ini, jangan heran jika pertumbuhan anak mulai melambat. Balita akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 2,3 kg dan tumbuh sekitar 10-12 cm. Di usia 2 tahun, anak sudah hampir bisa mencapai separuh tinggi badannya. Anak laki-laki biasanya lebih berat dari anak perempuan.

Secara fisik, proporsi tubuh anak juga mulai berubah. Perut buncit dan bulat itu sudah tiak ada, badannya yang mulai tinggi membuat lemak tubuhnya yang gembul di bagian tangan dan kaki juga menghilang. Ia tidak lagi memiliki tubuh gembul menggemaskan dan empuk, namun sudah membentuk otot karena banyaknya aktivitas yang ia lakukan.

Namun tentu saja setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda. Tak perlu kahwatir jika anak agak chubby atau terlalu kurus, selama mereka menunjukkan pertumbuhan signifikan dan berkala selama ini.

Nafsu makan anak juga berkembang, sehingga perlu sekali memerhatikan asupan gizinya demi pertumbuhan anak yang sehat. Cukupi kebutuhan kalisum, protein dan berbagai vitamin serta mineral dalam setiap menu makanannya.

Itu pertumbuhan fisik yang bisa dilihat dari anak usia 1-2 tahun. Selalu pantau pertumbuhannya ya Moms.