3 Perubahan Tubuh Bayi Saat Ia Mendapatkan Cukup ASI

Ivana Okta04 Feb 2019, 16:38 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali ibu yang ingin menyusui langsung anaknya karena banyak sekali keuntungan dalam menyusui yang tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh para ibu dan juga bayi-bayi mereka. ASI adalah nutrisi terbaik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak melawan infeksi-infeksi. ASI dapat dengan mudah dicerna oleh bayi.

Memberikan ASI langsung untuk bayi juga bisa meningkatkan bonding atau ikatan antara ibu dan anak. Nah, saat bayi mendapatkan cukup ASI, akan ada beberapa tandanya. Berikut ini adalah tanda yang bisa dikenali saat bayi mendapat cukup ASI.

  • Kenaikan berat badan. Bayi umumnya akan kehilangan sekitar 7% berat tubuhnya di beberapa hari pertama. Saat sudah mendapatkan ASI, beratnya akan bertambah sekitar 170 gram per minggunya secara bertahap. Timbanglah bayi dan konsultasi di akhir minggu pertama ini dengan dokter atau bidan.
  • BAB pada hari pertama hanya akan sekitar 1 kali penggantian popok. Namun nanti akan meningkat secara bertahap. Warna BAB pada bayi ASI tidak akan sepekat dan sebau kotoran bayi susu formula.
  • Buang air kecil di beberapa hari pertama, bayi hanya akan diganti popoknya sekitar 1-2 kali. Namun setelah bayi mulai menyusu dengan aktif, jumlah popok dapat menjadi kurang lebih 5-6 popok perhari.

Nah, ketiga tanda tersebut menunjukkan anak mendapatkan cukup ASI. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau bidan ya Sahabat Fimela.