Cara Bijak Gunakan Gawai di Depan Anak

Ivana Okta06 Feb 2019, 07:42 WIB
Anak kecanduan gadget

Fimela.com, Jakarta Hadirnya gadget atau gawai memang mempermudah kehidupan. Semua hal jadi lebih praktis dan mudah dengan hadirnya perangkat ini. Sayangnya, tanpa pengawasan gadget bisa membuat anak kecanduan. Nah, bagaimana sih cara bijak untuk menggunakan gawai di depan anak?

Saat ibu dan ayah menggunakan ponsel maupun komputer, tanpa sadar anak memperhatikan perilaku tersebut. Nah, supaya anak-anak dan balita tidak salah dalam berperilaku, orangtua bisa melakukan tips ini saat menggunakan gadget.

  • Yang pertama adalah hindari tampak terlalu lama menggunakan gawai di depan anak. Pastikan orangtua punya perhatian lebih banyak pada anak sehingga anak tidak belajar perilaku berlama-lama di depan gadget canggih. Hindari juga perilaku makan sambil menggunakan ponsel atau duduk di depan komputer.
  • Ibu dan ayah sebaiknya tidak membelikan gadget terlalu dini untuk anak. Hal ini bisa berdampak di masa depan karena ia kehilangan masa kecil yang seharusnya bermain dan belajar, tapi malah tersita oleh sebuah gadget.
  • Jika memang anak memaksa untuk melihat gadget maka cobalah ibu atau ayah meyelipkan beberapa foto binatang lucu, bunga, foto keluarga atau benda-benda yang familiar dengan kehidupan si kecil. Saat si kecil ingin melihatnya tunjukkanlah hal-hal ini padanya.
  • Tidak memberikan gadget di usia dini akan menghindarkannya dari risiko kriminal seperti perampokan karena anak kecil belum mampu untuk melindungi dirinya sendiri. Batasi pula waktu untuk menggunakan gadget jika si kecil memang sudah mengerti soal gawai.

Orangtua memang wajib bersikap bijak dalam menggunakan gawai. Banyak sekali kasus anak yang kecanduan gadget. Sebaiknya sedari kini, orangtua selalu memberikan pengawasan penuh saat si kecil mulai mengerti gawai.