Agar Anak Tak Mudah Kena Diare, Begini Pencegahannya

Ivana Okta08 Feb 2019, 15:15 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Diare pada orang dewasa bikin aktivitas terhambat karena badan lemas. Ini akan makin parah jika menyerang si kecil. Diare dapat terjadi karena infeksi yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit. Berikut ini adalah tips untuk mencegah supaya anak tidak terinfeksi oleh virus, bakteri, dan parasit penyebab diare.

Pencegahan diare memang terdengar konyol mengingat virus, bakteri, dan parasit dalam menempel di mana saja dan tidak terlihat oleh mata langsung. Tapi memang sebaiknya mencegah daripada mengobati kan Sahabat Fimela?

Tips Mengatasi Diare

  • Tips pertama adalah ajarkan dan biasakan anak untuk mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan cara yang efektif supaya terhindar dari infeksi penyebab bakteri.
  • Jaga selalu kebersihan rumah terutama kamar mandi atau toilet.
  • Selalu bersihkan atau cuci sayur dan buah sebelum diberikan kepada anak.
  • Cuci dan bersihkan peralatan dapur dan meja dapur setelah memasak.
  • Jauhkan tempat binatang peliharan (jika punya) dari ruang makan.

Ini adalah beberapa pencegahan yang bisa diusahakan oleh para ibu agar anak terhindar dari penyakit diare. Meskipun pencegahan tersebut tidak sepenuhnya dapat membuat anak terhindar dari diare, paling tidak dapat meminimalisir kemungkinan infeksi. Semoga informasi ini menginspirasi ya.

Lanjutkan Membaca ↓