Insomnia Setelah Melahirkan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ivana Okta09 Feb 2019, 12:19 WIB
insomnia

Fimela.com, Jakarta Insomnia atau masalah tidur memang kerap menimpa ibu setelah melahirkan. Hampir dihadapi oleh setiap ibu baru, insomnia postpartum dapat benar-benar menyebabkan stres dan berdampak pada kesehatan. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi ibu khawatir dengan keadaan si kecil atau malah hal lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab insomnia pascapersalinan: Proses persalinan mengacaukan hormon dan butuh waktu untuk tubuh menormalkan kembali. Tantangan emosional, yang juga disebut sebagai depresi pascapersalinan, dapat membuat ibu sulit tidur. Tidur menjadi terganggu karena menyusui rutin malam hari. Ini membuat ibu susah untuk kembali tidur.

 

Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Jangan menyalakan lampu terang saat bangun untuk memberi makan bayi. Hindari juga memainkan gadget karena ini juga akan membuatmu susah kembali tidur.
  • Hindari bekerja terlalu keras saat si kecil tidur. Di awal hari setelah melahirkan, ibu sebaiknya fokus mengembalikan kesehatan dulu.
  • Cobalah tidur lebih awal. Ini akan memudahkanmu menemukan lebih banyak waktu untuk beristirahat.
  • Hindarkan kamar dari hal-hal seperti perangkat elektronik, televisi dan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Teori ini bekerja seperti melatih pikiran untuk merasa mengantuk segera setelah berada di kamar tidur.
  • Ibu juga disarankan untuk meditasi sebelum tidur. Ini terbukti membantu banyak ibu baru. Kegiatan santai seperti mandi air hangat atau pijatan juga dapat memastikanmu tidur lebih nyenyak.
  • Batasi asupan kafein yang masuk dalam tubuh.
  • Latihan pernapasan juga akan membantu untuk bisa tidur dengan lebih nyenyak lho. Ibu bisa berbaring telentang dan menghitung sampai sepuluh. Ini telah digunakan sebagai metode relaksasi dan menenangkan.

Nah, semoga informasi ini memberikan pengetahuan baru untukmu ya Sahabat Fimela.