Ini Dia Ciri-ciri Si Kecil Tumbuh Gigi

Ivana Okta09 Feb 2019, 15:45 WIB
teether

Fimela.com, Jakarta Salah satu tahapan yang dinantikan ibu adalah saat anak tumbuh gigi. Sayangnya, anak kerap kali jadi rewel. Si kecil terus menangis dan tak tenang.

Ciri-ciri umum bayi mengalami tumbuh gigi, antara lain suka memasukkan barang yang dipegangnya, suka menggigit benda yang digenggamnya, susah makan, sulit tidur nyenyak, dan mengeluarkan air liur yang lebih banyak dari biasanya.

Cara Menenangkan Si Kecil yang Rewel

Ibu sering galau kalau si kecil rewel. Nah, berikut ini ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menenangkannya.

  • Berikan teether untuk si kecil. Teether ini banyak dijual di toko-toko bayi dengan berbagai merek dan bentuk. Mainan ini didesain khusus mudah digenggam bayi dan aman dimasukkan ke dalam mulut. Saat si kecil sedang tumbuh gigi, coba berikan teether yang didinginkan atau sudah dimasukkan ke dalam kulkas selama beberapa saat. Ini akan membuat bayi merasa nyaman karena gusinya dingin kena teether.
  • Jika memungkinkan, coba usap gusi bayi secara perlahan. Caranya bersihkan dulu jari ibu dan masukkan ke dalam mulut bayi kemudian usap bagian gusi yang sedang ditumbuhi gigi secara perlahan. Ini harus dilakukan sangat hati-hati agar si kecil tidak tersedak.
  • Finger food juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi si kecil yang rewel karena akan tumbuh gigi. Pada usia ini, mereka juga bisa mendapatkan makanan pendamping ASI. Berikan sepotong wortel atau apel yang cukup lunak pada bayi. Dampingi si kecil agar tak tersedak saat makan.

 

Lanjutkan Membaca ↓