Anak Demam di Musim Hujan? Begini Cara Merawatnya!

Ivana Okta12 Feb 2019, 17:45 WIB
demam

Fimela.com, Jakarta Di musim hujan seperti ini memang siapa saja rentan sakit termasuk anak-anak. Banyak virus dan bakteri yang sering menyerang di musim hujan. Penyakit yang sudah menjadi langganan di musim hujan adalah pilek, batuk dan flu. Demam pun jadi gejala yang menyertai.

Nah, orangtua pasti akan panik saat anak terserang demam. Berikut ini adalah tips untuk menangani anak yang demam di musim hujan.

  • Yang pertama ketahui suhu tubuh anak, setelah mengetahui suhunya maka ibu akan tahu pertolongan yang pas untuk anaknya.
  • Mengompres dahi anak adalah pertolongan pertama yang perlu dilakukan untuk menurunkan suhu demam anak. Gunakanlah air dingin untuk mengompres anak.
  • Pastikan si kecil untuk banyak minum air saat sedang demam. Dengan minum air yang cukup, sirkulasi cairan dalam tubuh dan bakteri penyebab panas dapat ikut terbuang bersama keringat ataupun urin.
  • Dingin karena hawa musim hujan atau pendingin ruangan, bisa jadi pemicu kekebalan tubuh anak berkurang. Ia pun mengalami demam. Karena itu pastikan si kecil mengenakan baju hangat di musim hujan.

Jika demam anak tak kunjung sembuh dalam waktu lebih dari 24 jam sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Dokter akan memberikan obat dan juga pertolongan yang diperlukan di kecil saat sakit.