Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Ibu Hamil dalam Sehari?

Ivana Okta13 Feb 2019, 13:45 WIB
Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Saat hamil, ibu akan menopang dua kehidupan, kehidupannya sendiri dan juga bayi dalam kandungannya. Karena itulah kebutuhan air menjadi lebih besar dibandingkan sebelum hamil. Cairan di kantong ketuban dan kelancaran produksi ASI dipengaruhi oleh asupan air putih ibu. Selain itu, air juga digunakan untuk membentuk plaenta yang akan mengantarkan asupan makanan untuk janin agar tumbuh sehat dan mendapatkan sel darah yang ideal.

Jika tidak mendapat asupan air yang cukup, ibu akan berisiko mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat mengundang sejumlah risiko kesehatan seperti omplikasi serius, bahkan kasus yang terparah adalah kematian.

Nah, lalu berapa liter air sih yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya?

Ibu hamil perlu minum air putih sekitar tiga liter per hari atau setara dengan 8-12 gelas. Tapi jika ibu hamil melakukan aktivitas lebih seperti olahraga ringan, maka tambahkan satu gelas air dari yang biasanya diminum. Ini juga berlaku saat cuaca panas dan membuat berkeringat.

Meski mungkin terlihat sepele, tapi minum air putih yang cukup setiap harinya sangat penting untuk ibu hamil. Saat kebutuhan cairan terpenuhi, suhu tubuh bisa terjaga dengan baik. Air putih juga akan mencegah sembelit, memperlancar proses pembuangan racun dari dalam tubuh, dan juga menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Selalu cukupi kebutuhan air putihmu ya Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.