Ibu Hamil Diare, Beri Pertolongan Pertama Ini Saja

Ivana Okta14 Feb 2019, 17:42 WIB
ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Penyakit yang satu ini pasti akan mengganggu. Begitu juga jika menyerang ibu hamil. Ibu yang diare rentan sekali mengalami dehidrasi. Berikut ini adalah beberapa pertolongan pertama jika ibu hamil mengalami diare yang bisa dicoba di rumah.

  • Yang pertama pastikan ibu hamil cukup asupan air putih dan juga oralit. Diare dapat mengakibatkan dehidrasi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih dan oralit sebagai pengganti elektrolit. Jika tak ada oralit, coba buat sendiri larutan untuk mengembalikan cairan tubuhd engan melarutkan satu sendok teh gula pasir dan garam dengan 200-250 ml air.
  • Saat sedang diare ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi susu (termasuk susu kehamilan), kopi, dan minuman beralkohol. Minum saja isotonik agar cairan tubuh tak banyak yang hilang.
  • Untuk membuat tubuh terasa lebih nyaman, ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan berkuah dan minuman hangat seperti sup ayam, air rebusan jahe, teh pahit hangat, dan minuman lainnya yang hangat.
  • Ibu hamil disarankan minum madu untuk menjaga daya tahan tubuhnya.
  • Yang paling penting adalah memperbanyak waktu istirahat. Ini untuk memulihkan stamina yang lemas karena kehilangan cairan dan energi yang disebabkan diare.

Tips-tips ini adalah pertolongan pertama saja ya Sahabat Fimela. Jika diare super parah dan tak kunjung sembuh sebaiknya berkonsultasi saja dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.