Tips Agar Bayi yang Baru Lahir Tak Mudah Sakit

Ivana Okta15 Feb 2019, 12:43 WIB
bayi lahir

Fimela.com, Jakarta Sangat membahagiakan memiliki bayi yang baru lahir. Bagi yang baru pertama memiliki anak, ini mungkin jadi pengalaman yang benar-benar baru. Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian terus-menerus dan harus dipantau bahkan saat mereka tidur.

Setiap ibu pasti ingin agar anaknya selalu sehat dan jauh dari penyakit. Bayi dilahirkan dengan organ yang berfungsi penuh yang mulai bekerja begitu mereka tiba di dunia ini. Meskipun mereka terlahir dengan kekebalan terhadap penyakit tertentu, sistem kekebalan mereka masih berkembang, yang membuat mereka rentan terhadap penyakit.

  • Tips pertama yang bisa dilakukan ibu untuk menjaga agar si kecil tak mudah sakit adalah menjaga dia agar tetap hangat. Penting untuk menjaga bayi dalam suhu optimal karena mereka bisa jatuh sakit jika suhunya terlalu dingin. Ibu juga sebaiknya melakukan kontak kulit-ke-kulit dengan si kecil untuk memastikan mereka hangat dan nyaman. Bungkus bayi agar hangat sehingga mereka merasa berada di dalam rahim.
  • Sebelum melakukan kontak dengan si kecil pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih. Ini untuk menghindari bakteri dan kuman agar si kecil tetap sehat.
  • Jangan biarkan orang asing mencium bayimu. Ada beberapa kasus aneh di Internet tentang bayi yang baru lahir tertular penyakit menular yang mengancam jiwa oleh ciuman orang.
  • Lindungi bayi dari dalam dengan memberikan nutrisi yang sangat kaya. Nah, ASI adalah satu-satunya hal yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat dan membangun sistem kekebalan yang kuat untuk dirinya sendiri.
  • Rajin-rajinlah mencuci baju dan membersihkan sekeliling bayi. Bayi yang baru lahir sangat sensitif, karena itu pastikan semua yang ada di sekitarnya sangat bersih.
  • Ibu juga disarankan selalu membawa bayi untuk mendapatkan vaksin. Ini akan memberikan perisai untuk melawan penyakit.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela. Nantikan parenting tips lainnya hanya di sini.