Ini Dia Beberapa Penyebab Mengapa Haid Datang Terlambat

Ivana Okta15 Feb 2019, 13:44 WIB
Haid

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan perempuan akan mengalami datang bulan alias menstruasi. Menstruasi merupakan siklus bulanan saat proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti akan terjadi pada semua perempuan yang normal.

Sayangnya karena beberapa sebab, perempuan ada yang mengalami telat menstruasi. Nah, apa saja sih penyebab menstruasi yang tidak lancar ini?

  • Ada banyak alasan mengapa haid bisa datang terlambat. Beberapa perempuan telat menstruasi karena mereka tidak berovulasi secara teratur. Hal ini bisa jadi dikarenakan perubahan dalam pola tidur atau pola hidup. Kemungkinan besar karena adanya perubahan shift kerja. Tubuh akan menyesuaikan diri, sehingga ovulasi pun jadi tidak teratur.
  • Perempuan juga bisa telat haid karena berat badan yang terlalu ringan. Karena kurang lemak dalam tubuh, perempuan kemungkinan tidak memiliki produksi hormon untuk mendukung ovulasi dan menstruasi. Biasanya hal ini terjadi pada atlet atau perempuan yang menderita gangguan makan seperti anoreksia atau bahkan bulimia.
  • Terkadang stres bisa menjadi alasan menstruasi terlambat atau bahkan tak datang dalam sebulan. Pikiran yang penuh tekanan jelas akan berpengaruh terhadap hormon di dalam tubuh.

Apa yang sebaiknya dilakukan saat menstruasi telat atau bahkan tak datang? Yang pertama tunggu terlebih dahulu. Berikan beberapa hari untuk memastikan tidak salah menghitung. Jika memang tidak kunjung datang bisa langsung saja berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.