Sukses

Parenting

Tips Menjaga Daerah Pusar Bayi Agar Tetap Bersih dan Kering

Fimela.com, Jakarta Saat baru lahir bayi akan masih memiliki tali pusar. Perawatan pusar ini memang harus ekstra hati-hati bahkan saat tali pusar sudah copot. Kulit di sekitar pusar perlu dijaga agar selalu bersih dan kering agar pusarnya sembuh lebih cepat.

Nah, berikut ini adalah tips untuk merawat pusar si kecil agar tetap bersih dan kering:

  • Ibu disarankan untuk membersihkan kulit di sekitar pusar setidaknya sehari sekali saat mengganti popok atau saat memandikan si kecil. Pakai kapas yang sudah direndam air hangat dan sabun bayi dengan bahan lembut. Jangan lupa untuk mengeringkan kulit bayi dengan handuk yang lembut.
  • Saat si kecil menggunakan popok, jaga agar ujung popol berada di bawah tali pusar atau jangan sampai menutupi pusar. Jika popok kepanjangan, ibu bisa melipatnya agar pusar terkena udara.
  • Nah, ibu juga harus ekstra hati-hati saat memandikan si kecil. Jaga agar posisi permukaan air selalu berada di bawah pusar sampai sisa tali pusar copot sendiri dan sembuh. Ibu juga bisa menyeka tubuh si kecil dengan spons dan baru memandikannya saat sisa tali pusar sudah lepas.
  • Hindari memberikan minyak, bedak, jamu, atau herba tertentu di sekitar tali pusar bayi. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi pada bayi.

Biarkan tali pusar ini lepas dengan sendirinya. Jangan pernah mencoba untuk mencopot sisa tali pusar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading