Bisakah Ibu Hamil Lagi Setelah Dua Kali Keguguran?

Ivana Okta16 Feb 2019, 12:24 WIB
Keguguran

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan berkecil hati setelah keguguran lebih dari satu kali. Rasa trauma pun kadang menghinggapi. Well, bisakah ibu yang mengalami keguguran lebih dari sekali kembali hamil?

Tentu saja jawabannya bisa Sahabat Fimela. Sebuah studi tentang keguguran menemukan bahwa perempuan yang keguguran dua kali memiliki peluang untuk hamil lagi dengan sehat sebesar 75 persen. Memang trauma akan menghinggapi setelah mengalami keguguran sampai dua kali. Tapi berikut ini adalah tips untuk mempersiapkan diri menyambut kehamilan ketiga yang sehat.

  • Keguguran dapat menyebabkan pergolakan emosional dalam diri. Ibu akan merasakan kehilangan yang akut dan mengalami berbagai emosi negatif. Ibu disarankan tak terburu-buru hamil lagi. Ibu dapat menunggu selama dua atau lebih siklus menstruasi sebelum mencoba lagi. Luangkan waktu untuk menyembuhkan diri sendiri sepenuhnya. Ada yang mengatakan jika waktu ideal untuk kembali hamil adalah enam bulan setelah keguguran.
  • Setelah keguguran, lapisan endometrium membutuhkan waktu untuk pulih sepenuhnya. Tubuh harus siap untuk melakukan semua perubahan yang disebabkan kehamilan. Jika terburu-buru dengan tubuh yang setengah pulih, ada kemungkinan ibu akan mengalami keguguran lagi. Inilah sebabnya dokter menyarankan untuk menunggu beberapa bulan.
  • Jika Sahabat Fimela merasa siap hamil lagi, konsultasikan dengan dokter kandungan. Kemungkikan dokter menyarankan rencana diet, tes dan perawatan untuk mengembalikan tubuh sampai pulih dan siap untuk hamil lagi.

Sekitar 10 hingga 20 persen kehamilan yang berakhir dengan keguguran. Trauma pasti akan dirasakan, namun jika keinginan untuk memiliki momongan sangat besar, semua usaha pemulihan ini pasti akan sangat berarti. Semua kembali lagi pada diri ibu. Siapkan fisik dan mental dengan baik, dan hadapi kehamilan yang sehat. Yang dibutuhkan adalah perencanaan yang matang dan perawatan diri yang maksimal.