5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Mimi Rohmitriasih19 Feb 2019, 07:47 WIB
Ibu hamil makan sayur

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti bangga dan bahagia ketika memiliki buah hati yang sehat dan cerdas. Melansir dari laman parenting.com, agar memiliki buah hati yang sehat dan cerdas sebagai orangtua kita harus memperhatikan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Bahkan nih ya, nutrisi ini harus tercukupi sejak buah hati di dalam kandungan.

Agar anak sehat dan cerdas, ini sedikitnya lima makanan yang wajib dikonsumsi ibu selama kehamilan.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, selada, kangkung dan brokoli adalah makanan yang kaya nutrisi juga vitamin. Makanan ini tak hanya membuat tubuh ibu sehat tetapi juga membuat perkembangan fisik maupun psikis janin di kandungan lebih mengesankan. Sayuran seperti bayam juga kaya asam folat, zat besi dan vitamin lainnya yang dibutuhkan otak anak.

2. Telur

Makanan selanjutnya yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah telur. Telur mengandung nutrisi yang sangat mengesankan buat tumbuh kembang otak anak. Telur mengandung asam amino kolin, omega 3 dan nutrisi lain yang tak hanya baik buat otak tetapi juga buat mata dan organ tubuh lainnya.

3. Ikan

Ikan adalah makanan yang memiliki rasa enak serta menggugah selera. Ikan juga mengandung nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang otak anak. Tapi ingat, saat mengonsumsi ikan usahakan untuk memastikan bahwa ikan tersebut tidak mengandung logam berat merkuri atau bahan lain yang berbahaya buat janin juga ibu. Sebaiknya ikan dikonsumsi setelah dimasak hingga benar-benar matang.

4. Yogurth

Yogurth adalah makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil jika ingin mendapatkan anak cerdas. Yogurt mengandung protein, kalsium dan yodium yang sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

5. Kacang-kacangan

Makanan selanjutnya yang bisa membuat anak cerdas dan sebaiknya dikonsumsi ibu sejak anak di kandungan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai adalah sumber asam folat yang baik buat otak anak.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya atau bahkan wajib dikonsumsi ibu hamil jika ingin memiliki anak cerdas. Selain konsumsi makanan yang memang mencerdaskan, penting bagi orang tua untuk memberikan pelajaran yang baik dan menstimulus otak anak dengan baik agar ia semakin cerdas.