Anak Kesulitan Tidur di Malam Hari, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mimi Rohmitriasih19 Feb 2019, 11:42 WIB
Anak Tidur

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan utama bagi semua orang khususnya anak. Saat tidur, anak akan mengumpulkan kembali energinya yang hilang setelah sibuk beraktivitas. Saat tidur, anak juga akan mengalami tumbuh kembang yang lebih baik lagi. Karena tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting, pastikan bahwa buah hati memiliki tidur cukup setiap harinya ya Sahabat Fimela.

Anak yang kurang tidur bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatannya. Namun sayangnya, tidak sedikit anak yang ternyata memiliki kesulitan tidur saat malam.

Kenapa Anak Kesulitan Tidur?

Ada banyak alasan kenapa anak mengalami kesulitan tidur saat malam. Melansir dari laman parents.com, alasan tersebut mulai dari anak takut tidur sendiri sehingga memunculkan perasaan cemas yang mengganggu kualitas tidurnya.

Alasans selanjutnya adalah anak mengalami mimpi buruk yang membuatnya takut memejamkan mata kembali, anak memiliki waktu tidur yang salah, suasana tempat tidur yang kurang nyaman semisal bantal atau kasur terlalu keras, di kamar tidur anak ada alat elektronik yang menyala sehingga membuatnya tergangganggu, anak tidur siang terlalu lama hingga pencahayaan yang terlalu di kamar sehingga menimbulkan suasana panas dan gerah.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Susah Tidur?

Agar anak bisa memiliki tidur yang berkualitas, pastikan untuk memberikannya tempat tidur yang nyaman, Pastikan juga untuk memiliki jam tidur yang tepat dan rutin buat anak setiap malamnya. 30 sampai 60 menit sebelum waktu tidur, ajak anak untuk bersiap-siap. Ajak anak ganti baju, sikat gigi, cuci muka, cuci kaki, buang air kecil dan mematikan alat elektronik juga gadget sebelum tidur. Biasakan aktivitas ini setiap hari agar anak terbiasa dan memiliki tidur yang rutin.

Ketika mengajak anak untuk tidur, usahakan agar orangtua juga mulai tidur. Sebelum anak tidur, orangtua harus memastikan bahwa anak telah makan makanan yang tepat sebelumnya. Makan malam ideal adalah 4 jam sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓