Penyebab Janin Tidak Tumbuh dan Berkembang dengan Baik di Kandungan

Mimi Rohmitriasih20 Feb 2019, 07:31 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika mengandung atau hamil, setiap orangtua terutama ibu tentunya ingin janin di kandungannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Setiap orangtua pasti juga ingin agar janin di kandungannya senantiasa sehat.

Makan makanan yang bernutrisi, menjaga pola hidup sehat, olahraga teratur dan memeriksakan pertumbuhan serta perkembangan kehamilan sangat penting dilakukan demi dapatkan janin yang sehat dan jauh dari segala hal yang tak diinginkan salah satunya pertumbuhan dan perkembangan janin yang terganggu.

Melansir dari laman WebMD, ada beberapa penyebab kenapa janin di kandungan tidak tumbuh dan berkembang dengan baik. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut.

Kesehatan Ibu Hingga Kelainan Plasenta

Hamil
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kesehatan Ibu

Penyebab pertama kenapa janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik adalah kondisi kesehatan ibu. Perempuan yang menderita jantung, ginjal, paru-paru, diabetes, anemia hingga pembekuan darah memungkinkan hamil janin yang tak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Janin yang tak bisa tumbuh dan berkembang juga bisa disebabkan ketika sang ibu mengalami preeklampsia selama kehamilan dan hipertensi kronis atau keduanya secara bersamaan.

Kelainan Plasenta

Kelainan plasenta juga meningkatkan risiko janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik. Kelainan plasenta ini bisa berupa ukurannya yang terlalu kecil sehingga tidak bisa bekerja secara semestinya untuk menutrisi janin dari tubuh ibu.

Kehamilan Kembar Dua atau Lebih

Ibu yang hamil anak kembar dua atau lebih juga sangat mungkin meningkatkan risiko janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik. Adanya lebih dari satu janin di kandungan membuat asupan nutrisi dari tubuh ibu yang disalurkan ke janin lewat plasenta tidak tercukupi dengan baik.

Konsumsi Obat-obatan, Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Kebiasaan buruk konsumsi obat-obatan terlarang, merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik. Pola hidup yang tidak baik dari ibu hamil sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan terutama tumbuh kembang janin.

Itulah beberapa penyebab kenapa janin di kandungan tidak tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain penyebab di atas, penyebab lain kenapa janin tidak tumbuh dan berkembang dengan baik adalah adanya infeksi tertentu pada ibu hamil seperti infeksi toksoplasmosis, sifillis dan rubella serta infeksi lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓