Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi Usia Bawah 1 Tahun

Mimi Rohmitriasih20 Feb 2019, 11:28 WIB
Bayi

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin jika buah hatinya memiliki berat badan ideal atau lebih. Ketika melihat bayi memiliki tubuh gemuk dan sehat, ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri buat setiap orangtua. Melansir dari laman parents.com, berat badan bayi ternyata juga berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya.

Jika berat badan bayi kurang atau berlebih, ini bisa menjadi tanda bahwa bayi mengalami masalah kesehatan. Mengenai berat badan bayi khususnya yang masih berusia di bawah 1 tahun, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi berat badan tersebut.

Usia Kandungan

Bayi yang lahir di usia kandungan tepat yakini 9 bulan, umumnya akan memiliki berat badan normal. Namun, jika bayi lahir prematur atau usia kandungan yang kurang, ini bisa membuat berat badannya kurang. Meski begitu, tidak sedikit bayi dengan kelahiran prematur akan memiliki berat badan normal selama ia mendapat nutrisi yang cukup.

Jenis Kelamin

Bayi laki-laki umumnya akan memiliki berat badan lebih banyak dari bayi perempuan. Dibandingkan dengan bayi perempuan, bayi laki-laki juga akan mengalami tumbuh kembang yang lebih pesat.

Faktor Lainnya

Kesehatan dan Kecukupan Gizi Ibu Saat Mengandung

Ibu yang memiliki kesehatan mengesankan dan memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik akan memiliki bayi dengan berat badan yang ideal. Sebaliknya, ibu yang kesehatannya terganggu selama mengandung dan tidak mencukupi kebutuhan gizinya pun janin di kandungannya, ini bisa meningkatkan risiko bayi memiliki berat badan rendah.

Kesehatan Bayi

Baik kesehatan bayi saat masih di kandungan maupun setelah lahir sangat menentukan berat badannya. Bayi yang dinyatakan sehat dan tidak memiliki masalah dengan organ tubuhnya selama di kandungan maupun setelah lahir kemungkinan besar akan memiliki berat badan normal.

Nutrisi Bayi

Bayi yang mendapat nutrisi terbaik dari orangtua, tercukupi kebutuhan ASI (Air Susu Ibu) dan makanan lainnya, dipastikan ia akan memiliki berat badan ideal. Bayi yang kebutuhan nutrisinya kurang, ia akan memiliki berat badan yang kurang pula.

Bayi Kembar atau Tidak

Biasanya, bayi kembar akan memiliki berat badan yang kurang. Ini mengingat nutrisi ibu akan dibagi kepada bayi kembar tersebut baik saat masih di dalam kandungan atau setelah dilahirkan.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan bayi dengan usia di bawah 1 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Lanjutkan Membaca ↓