Sukses

Parenting

Makanan Terbaik untuk Menu Pendamping ASI (MPASI)

Fimela.com, Jakarta Bayi umumnya akan mulai diberi makanan pendamping ASI (MPASI) ketika usianya sudah mencapai 6 bulan. Namun, pertumbuhan dan perkembangan bayi berbeda-beda sehingga ada bayi yang bisa diberi MPASI sebelum usia 6 bulan, atau juga ada yang diberi MPASI ketika usianya telah lewat 6 bulan.

Ibu bisa memperkenalkan MPASI secara bertahap. Mulai dari makanan dengan konsistensi yang sangat ringan hingga lebih kental dan padat. Melansir dari laman parenting.com, mulailah MPASI dengan memberikan bayi makanan yang mudah dicerna sistem pencernaannya.

Ada banyak makanan yang bisa diberikan pada bayi sebagai menu MPASI. Namun Sahabat Fimela, menurut para ahli ada beberapa makanan terbaik untuk menu MPASI. Makanan tersebut mulai dari sayuran pure yang dihaluskan seperti wortel, bayam, labu, kentang, ubi dan kacang panjang. Gunakan juga buah sebagai menu MPASI, buah terbaik tersebut antara lain adalah apel, pir, pisang, pepaya dan alpukat yang dihaluskan.

Sereal bebas gluten namun diperkaya zat besi dengan campuran ASI (Air Susu Ibu), susu dan biskuit bayi, daging merah yang telah dihaluskan, kacang-kacangan halus, daging ayam tanpa lemak yang dihaluskan dan yogurt serta susu full cream juga bisa menjadi makanan terbaik bayi.

Saat memberikan MPASI pada buah hati, pastikan untuk memilih makanan dengan kandungan nutrisi terbaik. Hindari memberikan makanan yang berpotensi menyebabkan alergi. Di usia 6 sampai 9 bulan sebaiknya MPASI diberikan dalam tekstur halus.

Seiring dengan bertambahnya usianya, berikan makanan yang bertekstur secara bertahap dari makanan cincang halus hingga ke makanan yang cukup padat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading