Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang Anak Itu Tak Sama Mom, Jadi Stop Membandingkannya

Fimela.com, Jakarta Orangtua seringkali membanding-bandingkan tumbuh kembang anaknya dengan anak orang lain. Tidak sedikit orangtua yang merasa paling benar sehingga sering menganggap pola asuh yang dilakukan orangtua lainnya kurang tepat.

Pada dasarnya, tumbuh kembang setiap anak itu tak sama Mom. Jadi please stop membandingkan antara satu dan lainnya. Ketika mendapati anak kita punya berat badan ideal dan kesehatannya mengesankan sementara kita mendapati anak orang lain badannya kurus dan lebih mudah sakit, ini tak melulu karena orangtuanya punya pola asuh atau merawatnya dengan cara yang kurang tepat.

Ada anak-anak yang meski sudah mendapat perawatan terbaik tapi memiliki daya tahan tubuh yang kurang mengesankan. Ada pula anak-anak yang dirawat dengan biasa saja dan tak ada yang istimewa darinya, ia justru tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Para ahli kesehatan menyebutkan jika setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda.

Menyoal Tumbuh Kembangnya, Anak Punya Fasenya Sendiri-sendiri

Mulai dari fase anak tengkurap, duduk, berjalan hingga lainnya, setiap anak punya fasenya sendiri-sendiri. Ada yang fasenya sangat cepat dan ada pula yang cukup terlambat. Meski mengalami kertelambatan, bukan berarti anak tersebut mengalami masalah atau apa. Jadi, tetap tenang dan jangan lagi membanding-bandingkan Mom.

Setiap orangtua pasti tahu apa yang terbaik buat anak-anaknya. Setiap orangtua pasti juga punya metode merawat anak dengan cara terbaiknya. Sebagai sesama orangtua, bagaimana cara ia merawat dan mendidik buah hatinya, ia tetap mengalami kelelahan, semangat, kebahagiaan dan kecemasan yang sama dengan apa yang kita rasakan.

Mungkin ada satu hal dari pola asuh orangtua lain yang kita anggap kurang benar tapi ternyata ia punya segudang pola asuh yang terbaik lainnya tanpa kita ketahui. Atau sebaliknya, ada salah satu pola asuh orangtua lain yang kita anggap sangat mengesankan, tepat dan mengagumkan tapi ternyata itu tidak tepat diterapkan pada anak kita.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading