Sukses

Parenting

Mengenali Asma Pada Anak, Gejala dan Pengobatannya

Fimela.com, Jakarta Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis yang mengganggu sistem pernafasan. Asma ditandadi dengan adanya peradangan dan penyempitan pada saluran nafas hingga membuat penderitanya sesak atau kesulitan bernafas. Selain sulit bernafas, asma juga ditandai dengan adanya gejala nyeri dada, mengi dan batuk yang tak kunjung sembuh.

Melansir dari laman WebMD, asma bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Asma sendiri paling sering dimulai sejak seseorang masih berusia kanak-kanak.

Asma pada Anak

Asma pada anak dan orang dewasa sama. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan. Tapi Mom, ketika anak menderita asma yang menjadi masalah adalah ketika orangtua tak bisa mendeteksi risiko asma ini sejak dini. Alhasil, asma yang menyerang anak bisa semakin parah bahkan mengancam kesehatannya.

Asma sering dikatakan memiliki gejala yang mirip dengan masalah pernafasan lainnya. Inilah yang akhirnya membuat orangtua tak segera menyadari buah hatinya menderita asma. Tidak sedikit orangtua yang menganggap bahwa sesak nafas yang terjadi pada anak disebabkan oleh batuk atau flu biasa.

Gejala Asma pada Anak

Gejala asma paling umum adalah batuk kronis yang tak kunjung sembuh, anak sesak nafas atau kesulitan bernafas, ada suara seperti siulan saat anak bernafas, anak sering mengeluh dadanya sakit, anak susah tidur dan rewel, anak sering merasa kelelahan padahal sudah memiliki waktu istirahat cukup, anak kesulitan bernafas sehingga menghambat segala aktivitasnya hingga anak mengalami serangan batuk yang memburuk bahkan sampai mengalami infeksi saluran pernafasan.

Pengobatan Asma pada Anak

Ketika mendapati anak batuk dan tak kunjung sembuh, segera periksakan kondisinya ke dokter. Pemeriksaan oleh dokter akan membuat anak bisa diberi resep yang tepat untunya. Untuk anak yang menderita asma, pengobatan yang bisa dilakukan adalah memberikan obat hirup, memakai alat bantu pernafasan dan minum obat yang telah diresepkan dokter.

Pastikan bahwa anak memiliki waktu istirahat cukup, menggunakan pakaian yang bersih dan nyaman, menghindarkan anak dari segala sesuatu yang berdebu, menghindarkan anak dari udara yang terlalu dingin dan kering, jangan berikan makanan yang mengandung pengawet dan penyedap berlebihan, pastikan anak tidak mengalami stres dan kecemasan berlebihan serta memberikan anak asupan nutrisi cukup setiap harinya.

Berikut sedikit penjelasan mengenai asma pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika mendapati anak sakit, usahakan untuk segera memeriksakan kondisinya ke dokter atau klinik terdekat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading