Fase Perubahan Rambut Ibu dari Hamil Sampai Setelah Melahirkan dan Menyusui

Ivana Okta22 Feb 2019, 19:15 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Hamil dan melahirkan memang merupakan proses yang sangat menakjubkan Mom. Akan ada banyak sekali perubahan yang dialami oleh perempuan yang hamil dan juga melahirkan. Salah satu perubahannya adalah rambut. Perempuan mengalami fase rambut indah sampai rontok saat hamil hingga selesai melahirkan.

  • Banyak perempuan senang hamil karena rambutnya tampak indah. Rambut memang terasa lebih tebal dan cantik. Saat hamil, rambut akan melalui fase pertumbuhan aktif dan tidak aktif, akan ada keseimbangan yang baik yang membuatnya jadi tampak lebih cantik.
  • Setelah itu akan ada fase rambut rontok. Ini biasanya dialami ibu pasca melahirkan. Rambut akan mengalami kerontokan dan ini adalah hal yang normal dialami setiap ibu setelah melahirkan. Tak perlu panik, tapi jika rambut rontok diiringi dengan perubahan pola buang air besar, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, intoleransi terhadap panas atau dingin, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan tiroid berfungsi normal.
  • Beberapa perempuan mungkin akan tumbuh 'jenggot'. Pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di tempat-tempat yang menakjubkan seperti wajah atau puting payudara, dapat terjadi ketika perempuan edang hamil dan pasca melahirkan. Ini terjadi jika estrogen tetap tinggi setelah kehamilan. Tubuh perempuan akan memanfaatkan enzim untuk mengubah estrogen menjadi testosteron yang menjadi pemicu tumbuhnya "jenggot."
  • Setelah itu rambut akan tumbuh lagi. Mom mungkin melihat sedikit perbedaan di garis dahi. Di situ akan ada rambut halus seperti rambut bayi.

Untuk mengatasinya, ibu harus mengganti perawatan sesuai dengan kebutuhan rambut. Tenang saja, hal ini tak akan berlangsung lama, sekitar setahun setelah melahirkan, tekstur rambut akan kembali normal.