Sukses

Parenting

Waspada Mom, Ini Dampak Anak Terlalu Sering Main Game

Fimela.com, Jakarta Bermain game adalah salah satu aktivitas yang sangat disukai anak-anak. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun tak luput dari permainan ini. Beberapa bahkan sampai mengalami kecanduan. Ketika Mom memiliki buah hati yang terlalu sering main game, pastikan untuk lebih waspada dan sebisa mungkin membatasi aktivitas anak dalam bermain game.

 

Masalah Kesehatan

 

Melansir dari laman parenting.com, anak yang terlalu sering main game, terpapar layar gadget dan komputer terlalu lama ini bisa membuatnya mengalami masalah kesehatan. Anak yang kecanduan main game bisa mengalami risiko obesitas lebih tinggi, berisiko terkena serangan jantung di usia dini, melemahnya otot dan persendian bahkan mengalami masalah pada penglihatannya.

Gangguan Mental Hingga Berperilaku Agresif

Tak hanya mengalami masalah kesehatan tubuh yang mengerikan, anak yang kecanduan juga bisa mengalami gangguan mental. Anak ini bahkan sangat berisiko berlaku agresif, menarik diri dari kehidupan sosial, tidak percaya diri, melemahnya kemampuan berpikir serta mengalami penurunan kemampuan interaksi sosial dengan orang lain.

Penelitian menyebutkan jika anak yang terlalu sering bermain game lebih suka menikmati dunianya sendiri. Anak-anak ini akan lebih suka berinteraksi di dunia digital dibandingkan dengan berinteraksi di dunia nyata.

Para ahli dari Oxford University, Inggris menyarankan agar anak tidak main game lebih dari satu jam setiap harinya. Para ahli juga menyarankan agar orangtua selalu mendampingi anaknya saat bermain game. Pastikan untuk tidak membiarkan anak terpaku pada gadget atau komputernya terlalu lama dengan alasan orangtua sibuk, anak nyaman dengan gadgetnya dan orangtua tak tega jika mendapati anak sedih saat waktunya bermain game atau gadget dibatasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading