Sukses

Parenting

Bagaimana Cara Membatasi Waktu Anak dalam Bermain Game?

Fimela.com, Jakarta Terlalu sering bermain game atau kecanduan game bisa membuat anak mengalami berbagai masalah. Masalah tersebut mulai dari masalah kesehatan fisik atau tubuh hingga masalah mental. Kecanduan game juga bisa membuat anak terasa jauh dari orangtua, tidak peduli dengan sekitarnya juga mengalami masalah penurunan nilai akademik di sekolah.

Agar anak bisa mengurangi waktunya bermain game, bagaimana caranya? Melansir dari laman hellosehat.com, inilah beberapa cara untuk membatasi waktu anak dalam bermain game.

Buat Aktivitas Menarik Lain untuk Anak

Aturlah Waktu Mainnya

Pastikan untuk mengatur waktu anak bermain game. Sebelum anak bermain game, jelaskan padanya berapa lama ia boleh bermain game. Jika ia melanggar, risiko apa yang akan ia terima. Dampingi dan awasi selalu saat anak bermain game. Jika waktu yang diberikan pada anak 1 jam, maka anak harus berhenti bermain setelah satu jam itu.

Buat Aktivitas Menarik Lain untuk Anak

Melakukan permainan atau aktivitas yang sama setiap harinya tentu membuat anak merasa bosan. Agar anak tidak bosan, usahakan agar memberikan anak aktivitas lainnya yang menarik. Ajak anak melakukan aktivitas baru yang membuatnya lebih kreatif, semangat dan senang. Aktivitas tersebut bisa bercocok tanam, memasak, membaca buku cerita, melukis, memancing dan masih banyak lagi.

Jauhkan Anak dari Gadget

Usahakan agar menjauhkan anak dari gadget atau barang elektronik lainnya. Saat bersama anak, usahakan agar Mom atau suami tidak sibuk dengan gadget masing-masing. Hal ini hanya akan membuat anak semakin tertarik dengan gadget dan mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.

Jangan Mudah Terpancing Rengekan Anak

Saat gadget atau permainannya diminta anak pasti akan merengek. Apalagi jika ia sudah sangat menikmati gadget dan permainannya tersebut. Jika memang ingin anak tidak kecanduan game dan gadget, pastikan untuk tidak mudah terpancing rengekan anak. Meski tidak tega melihat anak merengek hingga tantrum, pastikan untuk tetap menjadi orangtua yang tegas dan disiplin pada anak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membatasi waktu anak bermain game. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Sahabat Fimela punya cara lain, boleh nih di share di kolom komentar.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading